BNPP Tinjau Lokasi Gerbangdutas 2019

Foto untuk : BNPP Tinjau Lokasi Gerbangdutas 2019

Morotai – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan, pemerintah pusat saat ini sangat serius membangun kawasan perbatasan Maluku Utara.

Mendagri yang juga selaku Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menegaskan, sejumlah kementerian dan lembaga teknis terkait terlibat bersama untuk mengatasi percepatan pembangunan di kawasan perbatasan, termasuk di Maluku Utara.

"Pemerintah Pusat berkeinginan untuk menjadikan kawasan perbatasan Maluku Utara sebagai pintu gerbang pengembangan ekonomi dan perdagangan berskala internasional," kata Tjahjo.

Menyusul arahan Mendagri, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bersama Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) mengunjungi Kabupaten Pulau Morotai. Kunjungan ini untuk dilakukan survei terkait rencana Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas).

Rencananya program pembagunan Gerbangdutas ini akan dilaunching tahun 2019 oleh Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP bersama-sama dengan Menko Polhukam yang diagendakan tiba di Pulau Morotai pada 18 Maret 2019 mendatang. 

Pulau Morotai merupakan salah satu daerah kawasan perbatasan sehingga pemerintah daerah bersama tim survei dari BNPP dan Kemenko Polhukam, telah berkoordinasi tentang ususlan-usulan kegitan yang akan masuk pada kegiatan Gerbangdutas.

Asisten Deputi (Asdep) Potensi Kawasan Perbatasan Laut BNPP, F. Gatot Yanriyanto memimpin langsung tim, didampingi oleh Kolonel Inf Sugeng Hartono, Kepala Bidang (Kabid) Tata Ruang Pertahanan Pada Asisten Deputi Kordinasi wilayah perbatasan dan tata ruang Pertahanan kemenko Polhukam, Gunawan Y Rajim, Kabag (Kepala Bagian) Perbatasan Pemkab Morotai, H. Abdul karim, Kabag Humas, Kadis pers Lanud Leo Wattimena, Letkol Adm Kubais Baraham, Danramil 1508-05/Daruba Mayor Inf Mulahaman dan rombongan. 

BNPP Bersama Rombongan melaksanakan peninjauan Gedung Kantor bupati baru di kompleks Muhajirin baru, pasar Rakyat desa Gotalamo, Sentra Kelautan dan Perikanan (SKPT) desa Daeo Majiko kecamatan Morotai selatan dan Kemudian aula Kantor Bupati Pulau Morotai dan desa Dehegila untuk mengecek pembangunan Rumah susun program kementrian PUPR, merupakan titik peninjauan terakhir kamis 7 Februari 2019.

(Humas BNPP)

LPSE
SIMTAS