Fasilitas Pendukung PLBN Entikong Ditargetkan Selesai Maret 2019

Foto untuk : Fasilitas Pendukung PLBN Entikong Ditargetkan Selesai Maret 2019

Pontianak - Pembangunan tahap dua Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat ditargetkan selesai pada Maret 2019.

Pembangunan wajah baru PLBN yang pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo pada Desember 2016 itu telah mencapai 80 persen.

Kepala Pengelola PLBN Entikong, Viktorius Dunan menjelaskan pembanguan tahap dua ini meliputi fasilitas pendukung PLBN, seperti pasar, rest area, masjid, terminal mini dan mess pegawai.

"Pasarnya ada yang moderen dan tradisional, semuanya ditargetkan selesai Maret," ujar Viktorius seperti diberitakan RRI, Rabu (13/2/2019).

Viktorius menambahkan keberadaan pasar tradisional dan moderen untuk mendukung ekonomi masyarakat di perbatasan. Nantinya barang yang diperdagangkan adalah hasil bumi dan kerajinan tangan masyarakat perbatasan.

Selain itu, bangunan pasar dibuat seperti tribun dan berada di kawasan rest area. Tujuannya untuk menjaring investor di sektor wisata maupun perdaganagan. Sebab selain menjadi tempat istirahat para pelintas batas negara, di wilayah tersebut juga menjadi pusat pagelaran berbagai acara budaya, sosial, ekonomi dan pariwisata lintas batas negara.

Viktorius menjelaskan bangunan rest area dan pasar ini dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atas saran Badan Nasional Pengelola Perbatasan.

"Pasarnya bertingkat nanti, yang menjulang tinggi itu pasar modern. Pasar tradisionalnya di bawah. Ada dibuat lapak juga untuk produk-produk masyarakat perbatasan," demikian Viktorius.

(Humas BNPP dan sumber lain)

LPSE
SIMTAS