Kepala BNPP Kembali Ingatkan Soal Netralitas ASN

Foto untuk : Kepala BNPP Kembali Ingatkan Soal Netralitas ASN

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri selaku Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tjahjo Kumolo lagi-lagi mengingatkan soal netralitas Aparat Sipil Negara (ASN) dalam Pemilu dan Pilpres 2019.

Imbauan Tjahjo ini dikatakan seusai upacara serah terima jabatan Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris BNPP dan Plt Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri di kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (4/2/2019).

Menurut Tjahjo, ASN hanya dapat mensosialisasikan program kerja atau regulasi. Seperti gerakan anti narkoba, anti korupasi dan lain hal yang sedang digagas pemerintah. Namun kampanye, ASN sangat dilarang.

"Jadi harus dibedakan, untuk fungsi politik dia harus netral. Untuk fungsi ASN yang harus tegak lurus dia boleh untuk kampanye, tapi kampanye program, bukan kampanye mendukung paslon nomor 01, nomor 02 atau paslon Parpol," jelas Tjahjo.

Ia juga meminta jajarannya untuk mewaspadai racun dan virus demokrasi yakni politik uang, kampanye kebencian, SARA, fitnah dan hoax. ASN, sambung Tjahjo, harus berperan dalam mewujudkan pemilu yang demokratis.

"Kita harus lawan virus-virus itu dalam rangka wujudkan pemilu yang demokratis sesuai pilihan masing-masing. Pilihan boleh beda tapi harus jadi satu kesatuan bagian yang utuh sebagai bangsa dan negara yang merdeka," pungkasnya.

 

(Humas BNPP)

LPSE
SIMTAS