Pesona Pantai Terindah di Morotai

Foto untuk : Pesona Pantai Terindah di Morotai

JAKARTA - Pulau Morotai yang juga merupakan pulau paling utara Republik Indonesia terkenal atas keindahan lautnya. Morotai kini menjadi salah satu destinasi andalan wisatawan yang ingin berlibur dan menikmati pemandangan laut. Kabupaten yang menjadi bagian dari Kepulauan Halmahera ini dikelilingi oleh laut yang masih jernih dan bersih.

Keindahan pantai dan kehidupan bawah laut yang dimiliki Pulau Morotai, setiap tahun di Pulau Morotai diselenggarakan event menarik yang ditunggu-tunggu baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tahun ini Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menyelenggarakan kegiatan Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2019 di Morotai. Pulau Morotai terletak di Provinsi Maluku Utara, tepatnya di sebelah utara Pulau Halmahera. Luas Pulau Morotai hanya 1.800 km2, tapi memiliki potensi wisata yang sangat memukau. Mulai dari keindahan bawah laut, pesona kepulauan dan sejarah perang dunia II.

Di antara beberapa pantai yang ada di sana, ada dua pantai yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke sana. Ada Pulau Dodola Kecil yang dihiasi hamparan pasir putih dan Pulau Mc Arthur tempat Anda bisa menyelam untuk menyaksikan benda peninggalan Perang Dunia II. 

Pulau Dodola memiliki Hamparan Pantai Pasir putih yang sangat luas yang menghubungkan Pulau Dodola Besar Dan Dodola Kecil.

Pantai di Pulau Dodola sangat spesial karena hamparan pasir yang dimiliki menjadi penghubung dua pulau sekaligus.Di Pulau Dodola, Anda akan menjumpai dua jenis pasir yang berbeda, yaitu kasar Dan Halus. Pulau Dodola dapat dijangkau dengan cukup mudah menggunakan speedboat dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Di bagian barat Indonesia, ada sebuah pulau kecil. Namanya Morotai. Sebenarnya, pulau ini bagian dari Kepulauan Maluku. Belum lagi Morotai memiliki pulau-pulau terdekat. Semuanya telah menarik banyak pengunjung baru-baru ini. Misalnya, ada Pulau Zum Zum. Nama lainnya adalah Pulau McArthur. Seperti namanya, ada sekutu jenderal bernama Douglas Mac Arthur di sini. Dia tinggal dan bersembunyi di pulau ini selama Perang Dunia II. Tak heran, wisatawan datang kesini karena sejarahnya yang menarik.

Pulau MacArthur memiliki suasana asri dan belum terjamah. Tidak banyak orang tinggal di sekitarnya. Salah satu daya tarik pulau ini adalah patung Jenderal Mac Arthur. Tengara terkenal ini berhadapan langsung dengan Pulau Daruba. Ada juga pangkalan udara tua yang  dibangun oleh Mac Arthur. Saat ini, wisatawan juga sering mengunjungi tempat menarik ini. Panjang landasan terbang sekitar 3.000 meter. Beberapa bagian dasar tetap berguna. Sisanya terbengkalai.

(Humas BNPP)

LPSE
SIMTAS