Plt Sekretaris BNPP Ingatkan 2019 Tahun Strategis

Foto untuk : Plt Sekretaris BNPP Ingatkan 2019 Tahun Strategis

JAKARTA - Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Suhajar Diantoro mengingatkan tahun 2019 merupakan tahun strategis bagi BNPP untuk penyusunan dokmen perencanaan pada 2020-2024 mendatang.

Program yang digagas nantinya akan menjadi rencana induk bagi BNPP maupun kementerian, lembaga dan pemerintah daerah terkait pengelolaan wilayah perbatasan negara. Ia juga meminta agar rencana induk yang disusun harus bersinergi dengan desain besar pengelolaan perbatasan negara serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. 

"Anda bersama saya, terutama para deputi, asisten deputi dan kepala biro bertangung jawab untuk memastikan bahwa rencana yang disusun dapat mempercepat dan mengakselerasi pembangunan di daerah perbatasan," ujarnya menjadi inspektur upacara di pelataran gedung BNPP, Jakarta, Senin (11/3/2019).

Selain mengigatkan penyusunan rencana induk BNPP tahun 2020-2024 dapat tersusun dengan baik, Suhajar juga mengingatkan untuk mempercepat penyusunan rencana aksi 2020 sebagai pedoman kementerian, lembaga dan pemerintah daerah dalam membuat program terkait daerah perbatasan.

Menurutnya, BNPP sebagai lembaga yang mengkoordinasi kementerian, lembaga dan pemerintah daerah harus selangkah lebih maju dalam membuat dokumen perencanaan. 

"Saya minta kawan-kawan deputi, kepala biro untuk memantapkan sinkronisasi rencana aksi 2020, agar pelaksanaan pembangunan semakin terkordinasi dengan baik.  Seandainaya dokumen perencanaan kita tak lahir di awal, maka tidak ada yang menjadi pedoman para anggota BNPP. Karena itu dokumen perencanaan kita harus lahir lebih dulu dan tentunya di 2020 nanti sudah bisa berjalan," ujarnya.

Suhajar menjelaskan langkah lebih awal dalam penyusunan dokumen perncanaan merupakan tugas tugas pokok dari BNPP.  Hal ini harus terus ditanamkan dalam pemikiran para Aparat Sipil Negara di lingkungan BNPP.

"Apabila kita tidak bisa mengalirkan konsep seperti itu, sama saja kita tidak bisa mengalirkan darah yang ada diri kita. Ini tugas utama kita yang harus saya pompa terus. Saya yakin dan percaya kebersamaan kita dapat membuat BNPP lebih baik lagi," tegas Suhajar.


(Humas BNPP)

LPSE
SIMTAS