';
Bertemu Jajaran BNPP, Dittopad Bahas Penyelesaian OBP S.Sinapad dan OBP P.Sebatik

Keterangan Gambar : Foto Bersama Jajaran BNPP, Dittopad dan KPI


By admin humas 23 Feb 2021, 17:32:33 WIB

Bertemu Jajaran BNPP, Dittopad Bahas Penyelesaian OBP S.Sinapad dan OBP P.Sebatik

JAKARTA - Jajaran Badan Nasional Pengelola Perbatasan bertemu dengan jajaran Direktorat Topografi TNI AD (Dittopad) untuk berbagi informasi terkait pengawalan pengelolaan batas wilayah maupun lintas batas termasuk pengelolaan kawasan perbatasan.

Beberapa isu strategis di perbatasan yang mengemuka dalam pertemuan ini antara lain political issues (kedaulatan negara), fenomena terkait pengamanan di Laut China Selatan (klaim pelayaran tradisional China), isu ekonomi, isu fenomena budaya, isu lingkungan, security law enforcement, aktivitas ilegal melalui dunia maya (cyber crime), smuggling, human traficking, pergerakan manusia (teroris) relokator (pelintas batas negara yang tinggal di negara lain), dan social sevices.

Dalam pertemuan ini Direktur Dittopad, Brigjen TNI Asep Edi Rosidin, juga menceritakan perkembangan penyelesaian batas RI-Malaysia, yang sepakat pada prinsip "Uti Possidetis Juris", karenanya dalam penyelesaian batas wilayah negara dilakukan sesuai dasar dokumen Inggris dan Belanda yaitu konvensi 1891 dan Perjanjian 1915 untuk penegasan batas/demarkasi sesuai Agreement 1915 yang menjadi dasar Penetapan Prosedur Survei 1974 oleh RI dan Malaysia pelaksanaan dari MoU Tahun 1973.

Disampaikan Brigjen Asep, Tahun 1975-2000 pengukuran dan demarkasi dilakukan oleh Tim Bersama RI-Malaysia dan diikuti dengan Penetapan Batas dalam bentuk MoU, dan masih menyisakan permasalahan yang belum selesai atau disebut dengan Outstanding Boundary Problems (OBP) pada dua sektor yaitu Sektor Barat (OBP D.400, OBP G.Jagoi/S.Buan, OBP Gunung Raya, OBP Batu Aum) serta Sektor Timur (OBP S. Simantipal, OBP S. Sinapad, OBP P.Sebatik, OBP C.500-600, OBP B.2700-B.3100) dimana saat ini sudah selesai 2 OBP.

Brigjen Asep mengatakan OBP P.Sebatik sudah hampir selesai, saat ini pekerjaan rumah kedepan adalah menyiapkan bahan-bahan untuk pelaksanaan MoU dimana terdapat beberapa item yang akan disiapkan oleh tim teknis. Brigjen Asep berharap BNPP dapat berperan sebagai sutradara dalam penyelesaian OBP P.Sebatik ini.

"Kami berharap BNPP menjadi koordinator, menjadi sutrada dalam penyelesaian ini. BNPP ini sutradanya, kemudian kami ini adalah anggotanya seperti TNI, Kemhan, Kemlu dan lain-lain itulah aktor-aktor filmnya yang diatur oleh BNPP," ujar Brigjen Asep di Kantor BNPP, Jakarta, Senin (22/2/2021).

Selain itu, Brigjen Asep juga berharap BNPP mendukung penuh apa yang dilakukan oleh panitia nasional untuk penyelesaian OBP S.Sinapad dengan mendorong K/L anggota untuk membujuk pihak Malaysia untuk melaksanakan survei bersama.

"Saya optimis OBP ini tinggal satu langkah lagi, yang paling penting sekarang bagaimana memotivasi pihak Malaysia untuk melakukan survei meski masih dalam situasi Covid-19 ini. Karena kita tidak tahu kapan Covid-19 selesai, jika dibiarkan terlalu lama OBP tidak akan selesai dan saya khawatir kalau dibiarkan berlarut-larut dikhawatirkan pihak Malaysianya berubah dan orang-orang yang menangani OBP mulai berganti," pungkas Brigjen Asep.

Sementara sebagai informasi tambahan Brigjen Asep menyampaikan OBP S. Simantipal saat ini sudah selesai.

(Humas BNPP)

Related Tags
bnpp,
Social Share
Attention Required! | Cloudflare

One more step

Please complete the security check to access getajaxx.com

Please stand by, while we are checking your browser...

Why do I have to complete a CAPTCHA?

Completing the CAPTCHA proves you are a human and gives you temporary access to the web property.

What can I do to prevent this in the future?

If you are on a personal connection, like at home, you can run an anti-virus scan on your device to make sure it is not infected with malware.

If you are at an office or shared network, you can ask the network administrator to run a scan across the network looking for misconfigured or infected devices.