BNPP Akan Cek Kesiapan PLBN Sota di Perbatasan RI-PNG

Keterangan Gambar : Doc. BNPP


By admin humas 05 Jan 2021, 14:25:52 WIB

BNPP Akan Cek Kesiapan PLBN Sota di Perbatasan RI-PNG

JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan menerjunkan tim untuk memeriksa kesiapan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Sota yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Disampaikan Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, sebagai pihak yang akan mengelola PLBN Sota BNPP melaksanakan pemeriksaan kesiapan guna persiapan serah terima bangunan dari anggota BNPP yakni Kementerian PUPR kepada pihak BNPP. 

Selain itu, BNPP juga akan mulai mempersiapkan personil-personil yang akan ditempatkan di PLBN Sota sebagai pengelola.

"Ada beberapa catatan dalam Rapat Internal BNPP tanggal 4 Januari 2021 kemarin, salah satunya adalah pengecekan dan persiapan serah terima PLBN Sota Kabupaten Merauke, dan persiapan penempatan personil," ujar Restuardy di Kantor BNPP, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (5/1/2021). 

Melalui Inpres Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan, Kementerian PUPR akan membangun 11 PLBN di perbatasan negara dimana PLBN Sota adalah satu diantaranya. 

Adapun 10 PLBN lain yang akan dikerjakan Kementerian PUPR adalah PLBN Serasan di Kabupaten Natuna; PLBN Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang; PLBN Sei Kelik di Kabupaten Sintang; PLBN Long Nawang di Kabupaten Malinau; PLBN Long Midang di Kabupaten Nunukan; PLBN Labang di Kabupaten Nunukan; PLBN Sei Nyamuk di Kabupaten Nunukan; PLBN Oepoli di Kabupaten Kupang; PLBN Napan di Kabupaten Timor Tengah Utara; serta PLBN Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel.

Kepala BNPP yang juga Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, dalam kegiatan Webinar Nasional yang mengusung tema “Mengelola Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan Menuju Indonesia Maju” sekaligus peringatan HUT BNPP ke-10 di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, beberapa waktu yang lalu mengatakan rencananya Kementerian PUPR akan melanjutkan pembangunan PLBN di Perbatasan sampai dengan tahun 2024 mendatang. Rencananya Indonesia akan memiliki 26 PLBN hingga tahun 2024, untuk itu Kementerian PUPR akan membangun delapan PLBN lagi pada tahun 2022-2024. 

"26 PLBN ini nanti dibangunnya tidak bersamaan, 26 PLBN ini nanti akan dibangun secara bertahap oleh Kementerian PUPR,” ujar Menteri Tito.

Delapan PLBN tersebut adalah PLBN Maritaing di Kabupaten Alor, PLBN Sei Menggaris di Kabupate Nunukan dan PLBN Turiskain di Kabupaten Belu (2022); PLBN Haumeni di Kabupaten Timur Tengah Utara, PLBN Miangas di kabupaten Kepulauan Talaud dan PLBN Marore di Kabupaten Kepulauan Sangihe (2023); PLBN Siding di Kabupaten Bengkayang serta PLBN Waris di Kabupaten Keerom (2024).

 

(Humas BNPP)

Related Tags
plbn,perbatasan,
Social Share

Office Lizenz Kaufen Windows 10 pro lizenz kaufen Office 2019 Lizenz Office 365 lizenz kaufen Windows 10 Home lizenz kaufen Office 2016 lizenz kaufen office lisans satın al office 2019 satın al