Responsive image
BERITA UTAMA
Kemenag Kirim 50 Guru PAI Ke Perbatasan
Humas BNPP 2019-07-15


JAKARTA- Membangun perbatasan bukan hanya dapat dilakukan dengan cara membangun infrastruktur yang memadai di kawasan perbatasan. 


Membangun perbatasan juga dapat ditempuh dengan cara memberikan pendidikan di kawasan perbatasan, agar sumber daya manusia di wilayah perbatasan dapat mempunyai daya saing.


Seperti yang dilakukan oleh Kementerian Agama. Kementerian Agama memberangkatkan 50 guru Pendidikan Agama Islam ke wilayah perbatasan pada hari ini.  


Guru yang sudah terseleksi dan terpilih tersebut akan di kirim ke wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) selama 12 bulan.


Ini merupakan program Bantuan Insentif Pembina Agama dan Keagamaan Islam di wilayah perbatasan (Bina Kawasan) bagi guru Pendidikan Agama Islam yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama.


Dilansir dari republika.co.id, Sekretaris Ditjen Pendidikan Islam, Imam Safei, mengajak perserta Bina Kawasan untuk ikut mendiseminasi moderasi beragama di wilayah sasaran. 


“Guru agama ikut menyebarkan tentang moderasi beragama, yaitu beragama secara moderat, tidak liberal dan radikal,” ujarnya, Senin (15/7).


Imam mengingatkan agar guru yang dikirim menjaga netralitasnya dan tidak ikut dalam politik praktis. Ia juga berharap guru yang dikirim dapat menjadi model bagi pengembangan guru PAI di daerah.


Sebelum berangkat, para guru akan menerima pembekalan dari Dirjen Pendidikan Islam. Guru yang diberangkatkan ke kawasan perbatasan terdiri dari peserta Bina Kawasan lama dan baru.


Ada 47 kabupaten yang menjadi wilayah sasaran, di antaranya; Aceh Singkil, Seluma, Pohuwato, Boalemo, Bengkayang, Sambas, Hulu Sungai Utara, Seruyan, Mahakam Ulu, Sumba Timur, Rote Ndao, Sorong, Janeponto, Banggai, Buol, Toli-Toli, Banggai Laut, Donggala, Konawe Kepulauan, Bombana, Talaud, Pasaman Barat, dan Musi Rawas utara.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

...
MEDIA BNPP
VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal