Responsive image
Senin, 2020-10-05 , 20:16:26 WIB

BNPP Bahas Usulan Peningkatan Jalan di Kabupaten Sintang


SINTANG - Pemerintah Kabupaten Sintang dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) membahas ruas jalan Sintang–Batas Negara yang diusulkan menjadi Jalan Nasional.


Sebagaimana diketahui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan kembali membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di perbatasan. Salah satu PLBN tersebut akan dibangun di Kabupaten Sintang yaitu PLBN Sungai Kelik. PLBN Sei Kelik merupakan satu dari 11 PLBN yang akan dibangun berdasarkan Inpres No.1/2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN. 


Bupati Sintang dan Gubernur Kalimantan Barat telah mengusulkan peningkatan status jalan sudah sejak lama. Total jalan yang diusulkan untuk ditingkatkan statusnya sepanjang kurang lebih 215 Km, mulai dari titik awal : E 111,25127, N 0,076718 dan titik akhir E 111,198589, N 1,064100. 




"Rapat ini diharapkan dapat merumuskan usulan kebijakan baru bagi pembangunan jalan kawasan perbatasan di Kabupaten Sintang," ujar Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP, Robert Simbolon, Senin (5/10/2020).


Sebagai informasi, kondisi jalan saat ini sangat buruk, hanya 34 persen jalan dan jembatan dalam kondisi baik dan mantap. Luas wilayah dan panjang jaringan jalan memerlukan anggaran yang cukup besar  untuk penangganannya menjadi kondisi baik dan mantap. Disisi lain kemampuan anggaran daerah tidak memadai.


Dukungan Pemerintah Pusat dalam menyetujui Usulan Peningkatan dan penangganan Jalan Kabupaten menjadi Jalan Nasional sepanjang kurang lebih 215 Km menuju Kawasan Perbatasan untuk mendukung proyek Strategis Nasional dan meningkatkan taraf hidup masyarakat perbatasan khususnya.


"Dengan terbangunnya ruas Jalan Sintang – Batas Negara dengan kondisi mantap, maka akan menghubungkan ibukota kabupaten ke PLBN Sungai Kelik, meningkatkan perekonomian masyarakat perbatasan dan memperlancar transportasi dalam mengangkut hasil perkebunan yang diekspor ke Malaysia yang selama ini melalui Jalur pontianak," pungkasnya.


Rapat ini digelar secara virtual yang dihadiri oleh Sekda Sintang dan jajarannya, lapis jalan BPIW PUPR, Kasubdit jalan Ditjen Bina Marga, dan Dinsa PU Kalimantan Barat.



(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA