Responsive image
Jumat, 2020-07-31 , 18:17:24 WIB

Mendagri: Idul Adha Momentum ASN Memberikan Pengorbanan Terbaik Membantu Sesama


Jakarta - Shalat Idul Adha 1441 H di Masjid An-Nuur kantor Kementerian Dalam Negeri  berlangsung khidmat namun tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Antara lain setiap jamaah menjaga jarak, wajib memakai masker serta disediakan tempat cuci tangan lengkap tersedia sabun dan hand sanitizer.


Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Haji Muhammad Tito Karnavian didampingi Ibu Tri Tito Karnavian dan para pejabat eselon I ikut melaksanakan salat Id pukul 06.50 pada Jum’at (31/07/2020). 


Usai melaksanakan salat Id, Mendagri Tito menyerahkan secara simbolis hewan kurban berupa seekor sapi jantan berbobot 1,2 ton kepada Ketua Panitia Pelaksana Penyelenggara Idul Adha, Bahtiar.




Dalam sambutannya Mendagri Tito menyampaikan bahwa para ASN perlu mendalami makna pandemi Covid-19 dan Idul Adha atau Idul Qurban dengan meneladani Nabi Ibrahim yang memberikan pengorbanan terbaik yang paling disayanginya yakni putranya Nabi Ismail. 


Di masa pandemi ini Mendagri berharap para ASN tidak mengeluh bila uang perjalanan dinas banyak berkurang. 


ASN menurut Menteri Tito termasuk paling beruntung dibandingkan pegawai lainnya. Sebab meski kerjaannya berkurang karena working from home, gajinya selalu dibayar pemerintah. 


"Bandingkan rekan TNI/Polri yang kerjaannya lebih berat harus menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. Sedangkan pegawai swasta perusahaannya harus berusaha setengah mati agar tetap survive di tengah pandemi ini. Saking beratnya bahkan ada karyawan yang terpaksa harus dirumahkan," kata Mendagri Tito.


"Di saat seperti inilah kita diuji untuk saling membantu memberikan pengorbanan yang terbaik untuk diberikan kepada saudara-saudara kita yang terdampak pandemi Covid-19," imbuh Mendagri.


Sementara itu, Ketua Panpel Idul Adha Kemendagri Bahtiar yang juga Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum mengucapkan terima kasih atas dukungan Mendagri dan partisipasi seluruh komponen di lingkungan Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dalam perayaan Idul Adha tahun ini. 


Meski di tengah pandemi, jumlah hewan kurban yang diterima panitia justru meningkat 32 persen dibanding tahun sebelumnya.


Menurut catatan Panpel Idul Adha tahun ini terkumpul 58 ekor sapi dan 47 ekor kambing. Jumlah ini sudah termasuk sumbangan Ditjen Dukcapil sebanyak 7 sapi dan 3 kambing.


"Dibanding tahun sebelumnya sumbangan yang terkumpul berjumlah 46 ekor sapi dan 25 ekor kambing,” jelas Bahtiar.


Sementara itu, Dirjen Dukcapil yang notabene Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional, Prof. Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, pandemi Covid-19 ini tidak hanya dihadapi oleh Indonesia saja, tetapi juga berbagai negara di dunia. 


Karena itu, dirinya sependapat dengan Mendagri Tito Karnavian agar para ASN saling membantu sesama dan ikut ambil bagian berkontribusi untuk negara.


"Kita paham betul bahwa ASN bagian dari pemerintah, dalam situasi seperti ini jangan bertanya apa yang diberikan negara pada kita, tapi mari lakukan apa yang bisa kita lakukan untuk negara dan untuk sesama," kata Zudan yang juga Ketua Dewan Masjid An-Nuur Kemendagri.



(Humas BNPP) Foto: Dukcapil

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA