Responsive image
Selasa, 2020-08-11 , 22:02:37 WIB

Pelayanan Lintas Batas di PLBN Diperketat Pada Masa Pandemi


JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) selaku pengelola tujuh Pos Lintas Batas Negara (PLBN) telah melakukan langkah antisipasi berupa pengetatan pelayanan lintas batas pada masa pandemi Covid-19.


Demikian disampaikan Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro, saat menjadi narasumber pada Talkshow Diplomacy Chat (DiploChat) dengan tema "Perlindungan WNI dan Pengelolaan Perbatasan Negara dalam Situasi Pamdemi" yang diselenggarakan oleh Universitas Paramadina, Selasa (11/8/2020).


Suhajar mengatakan langkah antisipasi tersebut dilaksanakan dengan cara peningkatan pengawasan aktifitas lintas batas manusia dan barang dengan pemindaian suhu tubuh setiap pelintas dengan thermoscaner, thermometer infrared dan pelacakan riwayat perjalanan pelintas; melengkapi petugas pelayanan dengan APD berupa masker mulut dan sarung tangan, serta menimimalkan contact langsung dengan pelintas; penyiapan sarana mobilitas ambulan dan ruangan isolasi sebagai bagian tanggap darurat apabila ada pelintas yang disangka terinfeksi virus corona.


"Jadi dari awal begitu gugus tugas mengeluarkan protokolnya kita langsung terapkan di lapangan," kata Suhajar.


Suhajar menyampaikan ada delapan langkah metode pelayanan lintas batas di PLBN pada masa pandemi yaitu : kewajiban mencuci tangan, penyemprotan barang bawaan dengan desinfektan, pendataan identitas tujuan dan nomor HP, Instalasi sistem pelacakan pedulilindungi, Pengecekan suhu dengan thermo Gun, Pengisian e-HAC, pemeriksaan kliren kesehatan dari Negara asal dan pengambilan specimen rapid test/ PCR. Waktu Pelayanan pun mengalami penyesuaian pada saat sebelum pendemi tiap pelintas dilayani ±2-3 Menit per pelintas menjadi 10-15 menit per pelintas.


Adapun PLBN yang telah dibangun di perbatasan negara adalah PLBN Aruk, PLBN Entikong, dan PLBN Badau di Provinsi Kalimantan Barat; PLBN Wini, PLBN Motaain, dan PLBN Motamasin di Provinsi Nusa Tenggara Timur; serta PLBN Skouw di Provinsi Papua.



(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA