Responsive image
Selasa, 2020-10-06 , 21:38:32 WIB

Presiden Sapa Prajurit TNI Di Perbatasan Saumlaki


JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyapa anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yaitu Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ditugaskan di perbatasan negara. 

Hal ini dilaksanakan dalam dialog dengan jajaran TNI melalui telekonferensi dalam rangka Upacara Peringatan ke-75 Hari Tentara Nasional Indonesia Tahun 2020, Selasa (6/10/2020).

Dalam kesempatan tersebut Presiden meminta Komandan Sastrad 245 Saumlaki, Letnan Kolonel Elektronika Fusi Arizona untuk melaporkan situasi dan kondisi perbatasan saat ini. 

"Kondisi di wilayah Saumlaki kondusif dan saat ini, alhamdulillah kami berada dalam zona hijau, tidak ada yang terkonfirmasi positif Covid-19. Kondisi alutsista Radar Master-T dalam kondisi baik, situasi wilayah udara dalam coverage radar Satrad 245 sejauh 240 nautical miles dalam keadaan aman, dan sinergitas TNI-Polri, dan masyarakat berjalan dengan baik," ujar Fusi.

Fusi juga menyampaikan bahwa ia bertugas di Satrad 245 bersama 54 personel Satrad dan 10 personel BKO (Bawah Kendali Operasi) Paskhas Pam Alutsista dari Denhanud 472 melaporkan situasi dan kondisi seluruh personel dalam keadaan sehat walafiat.

"Selanjutnya, kami siap melaksanakan tugas Operasi Pertahanan Udara di wilayah Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar dalam menjaga kedaulatan wilayah udara Negara Kesatuan Republik Indonesia," sambungnya.

Menanggapi laporan tersebut Presiden Jokowi menginginkan agar radar dapat terus memantau keadaan perbatasan udara Indonesia. 

"Ini juga salah satu kekuatan kita dalam rangka mendeteksi, karena ini merupakan radar untuk udara dan dipasang di Indonesia Timur bagian paling selatan di Kepulauan Tanimbar, saya kira pertahanan kita terutama di udara akan sangat baik apabila radar ini terus selalu bisa memantau keadaan-keadaan yang berada di perbatasan udara kita, terima kasih. Jalankan tugas dengan baik," kata Presiden. 

Saumlaki merupakan Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang mencakup seluruh Kepulauan Tanimbar. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Maluku Utara, Maluku Tengah dan Laut Banda di bagian utara, di bagian timur Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Kepulauan Aru dan Laut Arafura, di bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Maluku Barat Daya dan di bagian selatan berbatasan dengan negara Australia.

(Humas BNPP) Foto: indozone
VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA