Responsive image
Rabu, 2020-09-09 , 22:12:32 WIB

Sirekap Jadikan Rekapitulasi Pemilihan Serentak 2020 Lebih Transparan


BANDUNG – Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Suhajar Diantoro, mengapresiasi langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempersiapkan Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) untuk Pemilihan Serentak tahun 2020.


Suhajar menyampaikan penggunaan SIREKAP membuat rekapitulasi menjadi lebih efisien, ramah lingkungan, menghemat waktu dan biaya. Selain itu konflik yang muncul saat rekapitulasi juga dapat diselesaikan dengan cepat menggunakan SIREKAP.


“Dengan SIREKAP publik dapat melihat rincian hasil perolehan suara di tingkat nasional sampai tingkat TPS.  Masyarakat juga dapat melihat salinan berita acaranya,” kata Suhajar di Kantor BNPP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (9/9/2020).


SIREKAP merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh tim dari ITB dan akan resmi diterapkan dalam Pemilu 2024. KPU menggelar uji coba SIREKAP di Sarana Olahraga (SOR) Volly Indoor Stadion Jalak Harupat, Bandung, pada hari ini. Ini merupakan uji coba yang dilaksanakan KPU ketiga kali. 


“Semangat KPU ingin membuat Pemilu transparan, karna mampu menjaga kepercayaan publik, dan menggunakan teknologi informasi yang mudah diakses oleh publik,” tambahnya.


Dua daerah dikabarkan akan disiapkan KPU untuk menerapkan SIREKAP sebagai hasil resmi Pilkada Serentak 2020. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Divisi Data dan Informasi Viryan Azis usai pembukaan pelaksanaan uji coba SIREKAP.


“Harapan kita setidaknya ada dua daerah yang bisa menerapkan SIREKAP sebagai hasil resmi.(Untuk lokasinya) belum (ditentukan),” ujar Viryan dikutip dari detik.com.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA