Responsive image
Rabu, 2019-11-06 , 20:33:43 WIB

Imigrasi Indonesia-Malaysia Sepakat Perkuat Masalah Perbatasan


JAKARTA- Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) dan Jabatan Imigresen Malaysia (JIM) mengadakan pertemuan dalam forum Indonesia-Malaysia Immigration Consultation. Dalam pertemuan tersebut kedua negara sepakat memperkuat sejumlah hal dalam keimigrasian. 


"Fokus utama pembahasan meliputi isu-isu berkaitan dengan permasalahan perbatasan, seperti kesepakatan dalam manajemen wilayah perbatasan," kata Kasubbag Humas Ditjen Imigrasi, Sam Fernando, seperti yang dikutip dari medcom.id, Rabu (6/11/2019). 


Pertemuan juga membahas pengawasan mobilitas orang keluar masuk melalui perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, perlindungan warga negara khususnya para pekerja migran dan keluarga seperti pengurusan izin tinggal.


Selain itu juga pembuatan kesepakatan kerja sama, pelaksanaan pelatihan bersama dan peningkatan kapasitas sumber daya para pegawai Imigrasi kedua negara.


Selanjutnya, pengurusan Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI). Sam menyebut Ditjen Imigrasi terus memberikan perlindungan kepada pekerja migran Indonesia di Malaysia.

 

Dia menambahkan pertemuan turut membahas isu-isu rumah detensi di Malaysia serta langkah-langkah mempercepat pengurusan pemulangan warga Indonesia yang bermasalah hukum di Malaysia. Pertemuan juga membahas isu perdagangan manusia dan sindikatnya serta kerja sama strategis yang dapat diimplementasikan padamasa mendatang.


"Kedua instasi juga menyadari keterkaitan erat dengan kerja sama instasi lainnya terutama pengambilan keputusan tentang solusi permasalahan ketenagakerjaan," sambungnya.


Forum Indonesia-Malaysia Immigration Consultation ini sudah dilaksanakan selama dua kali. Ini merupakan pertemuan lanjutan setelah sebelumnya dilaksanakan di Batam pada tahun 2018. Pada tahun 2019 forum ini dilaksanakan di Kuching, Serawak, Malaysia.


Pertemuan dihadiri Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Ronny F. Sompie dan Ketua Pengarah Imigresen Malaysia Dato' Indera Khairul Dzaimee Bin Daud. 


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA