Responsive image
Kamis, 2019-07-11 , 10:34:17 WIB

Ada Kampung Pesantren Di Perbatasan RI-Filipina



MANADO-Setiap daerah perbatasan mempunyai keunikannya masing-masing. Seperti dengan wilayah perbatasan Indonesia-Filipina di Desa Talawid, Kabupaten Kepulauan Sangihe.


Jika kita berkunjung ke Desa Talawid, maka kita akan menemukan kampung pesantren yang dibentuk oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).


Ketua Baznas Sulut Abid Takalamingan mengatakan Kampung Pesantren ini dibentuk untuk menjadi alternatif demi menjaga eksistensi masyarakat yang akrab dengan nilai-nilai religius. 


Menurutnya, potensi alam serta keunikan sejarah Desa Talawid akan dimanfaatkan secara baik agar menjadi penarik perhatian masyarakat sekitar. 


"Jika semua berkembang secara baik Talawid akan menjadi destinasi wisata religius di Kabupaten Kepulauan Sangihe," ujar Abid seperti dikutip dari republika.co.id, Kamis (11/7).


Sebagai informasi, di Desa Talawid penduduk aslinya 100 persen beragama Islam dan letak kampungnya berada di lembah yang dibatasi alam. 


Abid menuturkan awal mula pembentukan kampung pesantren ini dimulai sejak harga produk andalan masyarakat Talawid yaitu pala dan kopra terjun bebas di pasaran, sehingga memukul kehidupan masyarakat kampung Talawid.


Anjloknya perekonomian masyarakat tersebut memukul berbagai segi kehidupan yang lain termasuk pendidikan di kampung Talawid. Anak-anak menjadi sulit melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah tingkat pertama dan tingkat atas.


"Dalam kondisi inilah baznas hadir memberikan pendampingan dan lewat Zakat Community Development (ZCD) bersama masyarakat bersepakat bangkit untuk menjadikan Talawid Kampung Pesantren," lanjutnya.


Abid menjelaskan, Kampung Pesantren ini akan menjadikan alam sebagai ruang-ruang untuk belajar, berekspresi dan mendekatkan masyarakat dengan sang pencipta. Selain masjid, balai desa, pantai, tanah lapang, kebun, bukit dan seluruh potensi alam Kampung Talawid akan dioptimalkan untuk menjadi tempat orang menimbailmu pengetahuan umum maupun agama.


"Proses belajar akan melibatkan seluruh masyarakat kampung Talawid. Alhamdulillah dari 6 bulan uji coba kegiatan berjalan lancar dimana masyarakat menjadi objek sekaligus subjek dari semua proses menjadikan Talawid sebagai Kampung Pesantren," pungkasnya.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal