Responsive image
Kamis, 2019-05-16 , 07:33:00 WIB

Akhir Pekan Lalu Jumlah Wisatawan di PLBN Skouw Meningkat

JAYAPURA - Festival Crossborder Skouw 2019 berhasil mencuri perhatian wisatawan asal Papua Nugini (PNG).

Festival Crossborder Skouw 2019 seri I digelar selama tiga hari dari tanggal 9 sampai 11 Mei 2019.

Kegiatan yang diberlangsung di lapangan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw ini juga berhasil mendongkrak jumlah wisatawan, baik lokal maupun mancanegara yang ingin menikmati beragam atraksi dan melihat lebih dekat  PLBN Skouw yang berdiri di Distrik Muara Tami, Jayaputa, Papua.

Administrator PLBN Terpadu Skouw Yan Numberi menjelaskan jumlah wisatawan yang melintas saat adanya Festival Crossborder Skouw 2019 mencapai 1000-1500 wisatawan perhari. 

Angka kunjungan wisatawan tersebut jauh dari hari biasa, jika tidak ada kegiatan di PLBN yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini ini.

"Per hari, wisatawan yang melintas sekitar 300-500 orang. Tapi kalau hari pasar atau ada acara jumlahnya bisa mencapai 1000-1500 wisatawan perhari," ujar Numberi kepada wartawan.

Numberi menambahkan wajah baru PLBN Skouw ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berswa foto. 

Wajah baru pos yang telah berdiri pada tahun 2006 ini mengadaptasi bangunan Rumah Tangfa, rumah adat masyarakat pesisir di daerah Skouw. Ciri khasnya adalah bagian atapnya dengan bentuk perisai. Ada juga dua ruang panjang tempat masyarakat berkumpul.

Menurut Numberi, sejak pembangunan wajah baru PLBN Skouw diresmikan pada 9 Mei 2017 oleh Presiden Joko Widodo, banyak wisatawan mancanegara maupun masyarakat dari Jayapura berkunjung untuk berfoto. 

Objek yang menjadi sasaran foto para wisatawan yakni gapura bertuliskan Skouw, Border Post Of The Republic of Indonesia yang berada di bagian depan PLBN. Spot lainnya adalah patung garuda raksasa yang menghadap ke Papua Nugini.

"Sejak dibangunnya gedung baru ini, PLBN berunah menjadi destinasi wisata baru di Skouw. Banyak wisatawan atau pelintas batas yang mampir dan berfoto di sini. Karena memang bangunannya sangat indah," ujar Numberi.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal