Responsive image
Rabu, 2020-04-01 , 11:11:00 WIB

Akibat Pandemi Virus Covid-19 Pilkada 2020 Ditunda


JAKARTA - Akibat pandemi virus Covid-19, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) bersama Pemerintah sepakat untuk menunda penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020.


Hal tersebut diputuskan dalam Rapat Kerja Komisi II DPR bersama Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Abhan, Pelaksana tugas (Plt.) Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) dan wakil dari Pemerintah yakni Menteri Dalam Negeri yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan Tito Karnavian.


Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Arwani Thomafi, mengatakan rapat yang digelar di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/3/2020) itu menghasilkan beberapa opsi terkait jalannya Pilkada Serentak tahun 2020 karena virus corona. Seperti adanya penundaan penyelenggaran hingga tahun 2021.


"Hasil raker Komisi II dengan Pemerintah, KPU, Bawaslu, dan DKPP. Pertama Sepakat untuk menunda tahapan pilkada serentak 2020 yang belum selesai dan belum dapat dilaksanakan dikarenakan wabah Covid-19,” ujar Arwani seperti dikutip dari okezone.com.


Arwani menyampaikan pihaknya mendorong seluruh stakeholder untuk fokus mendukung program pemerintah dalam menghadapi pandemi virus Covid-19.


Ada empat poin yang disepakati dalam rapat Komisi II DPR dengan Mendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP. Empat poin itu adalah:


1. Melihat perkembangan pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum terkendali dan demi mengedepankan keselamatan masyarakat, Komisi II DPR menyetujui penundaan tahapan Pilkada Serentak 2020 yang belum selesai dan belum dapat dilaksanakan.


2. Pelaksanaan pilkada lanjutan akan dilaksanakan atas persetujuan bersama antara KPU, pemerintah, dan DPR.


3. Dengan penundaan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, maka Komisi II DPR meminta pemerintah menyiapkan payung hukum baru berupa peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu).


4. Dengan penundaan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, Komisi II DPR meminta kepala daerah yang akan melaksanakan Pilkada Serentak 2020 merealokasi dana Pilkada Serentak 2020 yang belum terpakai untuk penaganan pandemi Covid-19.



(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA