Responsive image
Rabu, 2019-07-10 , 19:55:55 WIB

Aparat TNI Temukan Kembali 131 Patok Negara Di Perbatasan RI-Malaysia


JAKARTA-Yonif Raider 613/Raja Alam yang bertugas di perbatasan RI-Malaysia menemukan 131 patok negara yang sudah sejak lama tidak dijangkau manusia.


Danyonif 613/RA Letkol Inf Fardin Maulana mengaku bangga dengan capaian tersebut dikarenakan jauhnya jarak menuju patok serta sulitnya medan yang dilalui oleh para prajurit TNI.


"Satgas kami yang bertugas di Kabupaten Nunukan, memetik sedikit kebanggaan karena kami berhasil menemukan patok batas di wilayah Kecamatan Krayan yang belum pernah diketahui lagi keberadaannya sejak patok tersebut didirikan pertama kali pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1997 sejumlah 131 patok,” kata Fardin seperti dikutip dari tribunnews.com, Rabu (10/7).


Yonif Raider 613/Raja Alam menjalani tugas selama sebelas bulan dengan 450 prajurit yang dibagi dalam 25 pos di sepanjang wilayah perbatasan Kalimantan Utara (Kaltara) dengan Malaysia.


Ia menceritakan bahwa untuk menemukan patok pertama timnya harus berjalan selama empat hari dari permukiman warga. Tim tersebut menamai wilayah itu blank post area, karena area itu kosong dan tidak pernah terpatroli.


"Ini karena beratnya medan, dan cuaca yang sangat ekstrem dengan cuaca di malam hari minus 10 derajat celsius, kemudian sinar matahari yang tidak tembus ke bawah dan tidak ada jaringan satelit. Itu juga yang menjadi tantangan saat mencarinya,” lanjutnya.


Selain itu tim dari Yonif Raider 613/Raja Alam sempat mengalami lost contact selama berhari-hari sehingga menimbulkan kekhawatiran.


"Saya meyakini jika prajurit saya dapat bertahan hidup berbekal latihan dan pengalaman yang dimiliki. Kami bersykur beberapa pada akhirnya mereka bisa kembali dengan selamat," pungkasnya.


Dengan kondisi tersebut dirinya berharap, semoga hal tersebut dapat dijadikan pelajaran berharga agar nantinya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada prajurit yang bertugas selanjutnya.


Selama sebelas bulan melaksanakan tugas sebagai Satgas Pamtas RI-Malaysia, Yonif 613/Raja Alam juga berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba seberat 6.330,73 gram, 2.248 botol miras serta mendapatkan satu pucuk senjata penabur dari warga beserta empat butir amunisinya, mendeportasi 2.410 orang, mengamankan 15 orang WNA Ilegal dan mengamankan 58,5 meter kubik kayu ilegal.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal