Responsive image
Senin, 2019-06-10 , 11:33:23 WIB

ASN yang Absen Usai Libur Lebaran Akan Dapat Sanksi


JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menyatakan puas dengan persentase pegawai yang hadir dalam upacara bendera di kantornya setelah libur Lebaran.

Tjahjo mengingatkan kembali ASN yang membolos, siap-siap bakal menerima sejumlah sanksi.

"Saya kira pagi hari ini memecahkan rekor, hampir di atas 90% yang hadir. Kemudian besok saya juga ada feeling baik yang di kantor Kalibata, yang di kantor Pasar Minggu, yang di BNPP maupun yang di Cilandak. Kami tegaskan bahwa pada eselon 1 dan eselon 2, mencatat stafnya yang hari ini masih absen untuk ditegur secara tertulis oleh sekjen dan di-skors selama 3 hari, nggak kerja," ujar Tjahjo di Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019).

Tjahjo ingin terus membangun budaya disiplin, terdapat sanksi bagi ASN yang bolos, Tjahjo menyebut itu merupakan salah satu contoh dari pembinaan.

"Fungsi pembinaan. Sebelum kita memberi sanksi pada daerah, harus memberikan sanksi dulu pada internal kita. Masalah disiplin, saling mengingatkan, kemudian membangun inovasi-inovasi, memberikan pelayanan kepada masyarakat, kepada daerah, harus lebih efektif dan efisien," kata Tjahjo. 

Tjahjo mengaku ingin membangun hubungan tata kelola pemerintah pusat dan daerah yang semakin efektif dan efisien serta memepercepat proses informasi birokrasi yang unsurnya untuk memperkuat otonomi daerah di 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi.

Masih bicara soal regulasi bagi ASN yang dikeluarkan KemenPAN-RB, Tjahjo menegaskan aturan dari KemenPAN-RB bakal jadi bagian aturan Kemendagri dan BNPP.

"Untuk ASN semuanya mengerucut dari KemenPAN-RB karena KemenPAN-RB meliput seluruh kementerian yang ada. Jadi aturan aturan yang dibuat KemenPAN-RB otomatis jadi bagian aturan dari Kemendagri. Misalnya hari ini wajib hadir, kalau nggak diberi sanksi peringatan, itu mengacu pada aturan MenPAN-RB. Intinya untuk menegakkan disiplin ASN yang ada, harus memberikan contoh pada masyarakat yang ada," ujar Tjahjo.

Soal skors 3 hari, Tjahjo menyebut bakal ada sanksi tambahan berupa pemotongan tunjangan kinerja. 

"Skors 3 hari berlaku hari ini. Pokoknya kita skors, kita kurangi tunjangan kinerjanya, kita potong kemudian ada peringatan tertulis dari sekjen," pungkas Tjahjo. 


(Humas BNPP dan Sumber lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

SIMTAS
LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal