Responsive image
Jumat, 2019-10-25 , 15:27:05 WIB

Bea Cukai dan Instansi Pemerintah Bahas Permasalahan di Perbatasan Indonesia-PNG


JAYAPURA- Anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Bea Cukai menggelar Border Liaison Officers Meeting. Dalam acara tersebut Bea Cukai membahas isu-isu yang kerap terjadi di perbatasan negara bersama dengan Pemerintah Provinsi Papua, TNI, Polri, dan delegasi Papua New Guinea (PNG).


Adapun isu-isu yang dibahas adalah pelintas batas, barang, bahaya dari masuknya narkotika melalui perbatasan, serta pembahasan mengenai patok negara, baik itu darat dan laut yang menjadi tanda kedaulatan Indonesia dan PNG.


Kepala Kantor Bea Cukai Merauke, Denny Sudrajat, mengatakan bahwa ancaman yang paling tinggi di perbatasan adalah masuknya barang-barang ilegal ke wilayah Republik Indonesia.


"Komoditas yang banyak dicegah oleh kantor-kantor pelayanan dan pengawasan Bea Cukai di perbatasan darat di antaranya hasil tembakau, minuman keras, sembako, ballpress, makanan dan minuman, CITES dan benda cagar budaya, elektronik, pupuk, mesin, alat berat, sparepart, serta kosmetik, obat, dan bahan kimia," ujarnya seperti dikutip dari beacukai.go.id, Kamis (24/10)


Perwakilan-perwakilan dari daerah yang berbatasan langsung dengan PNG, yakni Kabupaten Jayapura, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Keerom, Kabupaten Boven Digul, dan Kabupaten Merauke diikutsertakan dalam rapat ini.


Agar barang ilegal tersebut tidak masuk ke wilayah Indonesia, menurut Denny diperlukan kerjasama yang baik antara Bea Cukai, TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah.


Denny berharap dengan adanya kegiatan Border Liaison Officers Meeting ini isu-isu yang kerap terjadi di perbatasan dapat terselesaikan dan dapat mendorong kemajuan sektor perekonomian kedua negara.


"Dengan terlaksananya kegiatan ini, kami berharap permasalahan-permasalahan yang terjadi di perbatasan ini dapat menemukan titik terang sehingga dengan terjadinya situasi yang aman dan kondusif di perbatasan dapat mendorong perekonomian antar dua negara," pungkasnya.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA