Responsive image
Selasa, 2019-05-21 , 08:09:09 WIB

Berkunjung ke PLBN Motaain Dan PLBN Motamasin Plt Sekretaris BNPP Inventarisasi Kendala dan Masalah

BELU - Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan Suhajar Diantoro mengunjungi Pos Lintas Batas (PLBN) Motaain, Belu, Dan PLBN, Motamasin, Malaka,  Nusa Tenggara Timur  Senin (20/5/20219).

Kunjungan Suhajar untuk mengetahui permasalahan sekaligus melakukan peminaan bagi aparatur sipil negara BNPP yang bertugas di PLBN Motaain Dan PLBN Motamasin

Seperti perawatan alat untuk penunjang PLBN dan kendala dokumen pelintas batas. Untuk dokumen pelintas batas, Suhajar berencana melakukan koordinasi dengan kementerian terkait untuk mengadakan pertemuan dengan perwakilan pemerintah Timor Leste, Supaya masyarakat ke Dua Negara  RI-RDTL yang ingin bertemu keluarganya dapat terfasilitasi dokumen lintas batas. 

Terkait perawatan alat pendukung PLBN, Suhajar mengimbau agar pejabat PLBN dapat membuat perencanaan perawatan dalam rencana kerja kedepan. 

"Jadi orang perencanaan ini harus betul-betul menguasai lima tahun kedepan. Kalau tidak mampu, dia tidak tahu berbuat apa. Ini membutuhkan keseriusan. Seperti biaya perawatan, apa yang perlu dirawat. Misalanya usia teknis alat tiga tahun di tahun keempat perlu perawatan. Tanyakan kepada teknisinya di tahun keempat apa yang rusak. Jadi harus bisa diprediksi, " ujar Suhajar.

Selain mendata kendala dan permasalahan yang ada, Suhajar juga mengingatkan keberadaan PLBN bukan sekedar tempat pelintas batas. Kehadiran PLBN harus mampu mendongkrak ekonomi masyarakat di kawasan perbatasan. Semisal, mengadakan pelatihan bagi pemuda di daerah PLBN agar bisa berwirausaha hingga kegiatan budaya yang dapat mengundang masyarakat Timor Leste untuk berkunjung.

"Jadi kalau ada upacara adat masyarakat bisa buka kedai yang akhirnya orang bisa berbelanja dan bisa bahagia. Karena ada hiburan ada makanan-makanan enaknya. Kalau pelatihan nanti kita undang kementerian terkait, tinggal pak camat yang melihat di Motaain ini potensinya apa," ujar Suhajar. 

Dalam kunjungan ini turut hadir Kelompok Ahli BNPP Irjen pol (pur) Winarto, Asdep Tasbara BNPP Mandarameng serta Karo Keuangan, Umum dan Humas BNPP Indra Purnama.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA