Responsive image
Kamis, 2019-07-04 , 21:20:25 WIB

Biodiesel B100 Menjadi Harapan Baru Bahan Bakar di Kawasan Perbatasan

Sukabumi - Wilayah perbatasan merupakan daerah yang menjadi fokus kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo melalui Nawacita. Berbagai persoalan dan ketertinggalan selama ini yang identik dengan wilayah perbatasan menjadi komitmen maupun paradigma Presiden Joko Widodo agar tak muncul kembali. 


Plt. Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Suhadjar Diantoro menjelaskan BNPP terus berupaya konkret secara terpadu dan berkelanjutan, agar persoalan bahan bakar di wilayah perbatasan mulai dapat diminimalisir.


"Prioritas pembangunan Indonesia yang dimulai dari pinggiran tertuang dalam Nawacita ketiga Presiden Joko Widodo. Isi dari Nawacita ketiga tersebut adalah pembangunan tidak hanya terpusat di perkotaan melainkan harus menyebar di seluruh pelosok atau desentralisasi," kata  Suhadjar.


Demi merealisasikan harapan masyarakat perbatasan, Biro Keuangan, Umum dan Humas menghadiri kegiatan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) dengan topik Biodiesel B100 Sebagai Alternatif Bahan Bakar Masa Depan yang digelar oleh Kementerian Pertanian (Kementan) sebagai Anggota BNPP di Sukabumi, Kamis (04/07/2019). 


Kegiatan Bakohumas ini dilaksanakan setiap saat atau setiap tahun secara kontinyu oleh Bakohumas sebagai wadah untuk menyampaikan informasi atau public relation dalam kaitannya dengan strategi kegiatan institusi/kementerian khususnya anggota Bakohumas untuk disampaikan kepada masyarakat luas.


Seperti yang diketahui, Biodiesel merupakan bahan bakar nabati atau biofuel untuk mesin atau motor diesel. Biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang dihasilkan dari bahan alami terbarukan seperti minyak nabati dan hewani. Sifat fisik biodiesel sama dengan minyak solar dan dapat digunakan sebagai bahan bakar pengganti untuk kendaraan bermesin diesel.


Selama ini, biodiesel masih dicampur dengan bahan bakar minyak bumi dengan perbandingsn tertentu. Tapi dengan teknologi pengembangan B100, biodiesel mengandung 100 persen bahan alami, tanpa dicampur dengan BBM.


Produk B100 merupakan salah satu inovasi yang dihasilkan oleh Kementan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). Para peneliti Balitbangtan mengembangkan Reaktor biodiesel multifungsi generasi ke-7. Mesin ini dapat mengolah 1.600 liter bahan baku setiap harinya.


Plt. Sekretaris Jenderal Kementan, Momon Rusmono menjelaskan bahwa bahan bakar alternatif Biodiesel B100 adalah inovasi yang dihasilkan dari bahan alami terbarukan.


“Kemampuan Biodiesel B100 dinilai efisien karena satu liter B100 bisa menempuh perjalanan hingga 13,4 km, sementara satu liter solar hanya mampu sekitar 9 kilometer. Selain itu, Biodiesel B100 juga merupakan bahan bakar yang murah dan ramah lingkungan karena karbonmonoksida (CO) pada Biodiesel B100 lebih rendah 48% dibanding solar serta,” kata Momon.


(Humas BNPP)


VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal