Responsive image
Rabu, 2019-06-26 , 11:52:53 WIB

Biro Perbatasan Papua Pastikan Percepatan Pembangunan PLBN Sota Merauke


MERAUKE - Presiden Joko Widodo selalu memperhatikan wilayah perbatasan khususnya Merauke dan Pegunungan Bintang, agar masyarakat setempat mendapat sentuhan pembangunan sebagaimana yang diharapkan.

Melalui Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun ini, dipastikan kembali membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Distrik Sota Kabupaten Merauke.

Kepala BNPP yang juga Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, kerja keras pemerintahan Jokowi-JK dalam tiga tahun terakhir telah mengubah wajah perbatasan negara menjadi beranda terdepan. Utamanya dengan terselesaikannya pembangunan tujuh PLBN terpadu dan pembangunan infrastruktur jalan, transportasi, elektrifikasi, serta komunikasi.

Percepatan pembangunan sarana dan prasarana PLBN Sota mulai dari pelayanan sosial dasar dan perekonomian di kawasan perbatasan juga terus dikebut, yakni dengan mulai terbangunnya tata niaga ekspor-impor dengan negara tetangga melalui PLBN Terpadu. 

Ke depan, Tjahjo menekankan perlunya langkah percepatan untuk mengintegrasikan seluruh organisasi perundingan mengenai batas wilayah negara di bawah koordinasi BNPP.

“Diperlukan pula optimalisasi, kerja keras, dan keterpaduan perencanaan program antar-kementerian/lembaga pemerintah daerah dalam rangka mencapai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015–2019," jelas Tjahjo beberapa waktu yang lalu.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengaku sangat mengapresiasi perhatian presiden yang membangun PBLN di Skouw, Kota Jayapura. Diharapkan pembangunan serupa dapat dialokasikan dan dipercepat melalui kementerian terkait, di Kabupaten Merauke dan Pegunungan Bintang.

Hal ini juga dikatakan Kepala Biro Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri Provinsi Papua, Suzana Wanggai, dilansir dari Kompas.com Kamis (25/6/2019), di Jayapura.

“Terkait perbatasan khususnya pembangunan PLBN di Sota Merauke, tahun ini sudah pasti akan dibangun. Sebab prosesnya sudah bukan lagi seperti saat membuat master plan atau lainnya. Tapi sudah akan segera dibangun,” terang Suzana.

Suzana menjelaskan, dengan akan dibangunnya PLBN Sota, Merauke, diimbau kepada Pemerintah Papua Nugini untuk membangun pos yang sama di wilayah mereka. 

“Karena idealnya dimana pemerintah kita membangun PLBN, pihak Papua Nugini harapannya juga membangun pos yang sama,” kata Suzana.

Sayangnya, pembangunan PLBN Pegunungan Bintang (Pegubin) belum dapat dipastikan kapan pelaksanaannya. Sebab saat ini, masih sementara diusulkan kepada pemerintah pusat.

“Dan memang untuk Pegunungan Bintang itu masih perlu survei dari kami dulu. Selanjutnya, survei secara internal dari Pemerintah Pusat, tetapi juga dengan Pemerintah Papua Nugini” ujar Suzana.

“Kenapa harus survei bersama, karena kita berbicara tentang pelintas batas antar warga negara kita sendiri maupun Papua Nugini. Jadi, survei bersama ini juga nantinya menentukan tempat pembangun PLBN. Sebab PLBN itu harus dibangun bersama-sama dan berhadapan seperti Skouw – Wutung,” pungkas Suzana.

Sementara untuk wilayah perbatasan Keerom, tambah Suzana, masih dalam tahap pembuatan master plan dan segera rampung dalam waktu dekat.


(Humas BNPP dan Sumber lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA