Responsive image
Kamis, 2019-09-05 , 11:15:57 WIB

Blokir Layanan Data Di Papua Dan Papua Barat Dibuka Secara Bertahap


JAKARTA-  Setelah sempat di blokir untuk beberapa waktu, Pemerintah akhirnya membuka layanan data di Papua dan papua Barat secara bertahap. 


Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Ferdinandus Setu, menyampaikan pembukaan layanan data tersebut dilakukan setelah pihaknya berkoordinasi dengan instansi penegak hukum dan aparat keamanan.


"Mempertimbangkan sudah mulai pulihnya kondisi beberapa kabupaten di wilayah Provinsi Papua, mulai Rabu (4/9) Pukul 23.00 WIT, Pemerintah secara bertahap mulai membuka blokir atas layanan data internet di wilayah Papua dan Papua Barat," ujarnya seperti dikutip dari siaran pers Kemkominfo, Rabu (4/9).


Selain itu alasan lain Pemerintah membuka layanan data adalah sudah mulai menurunnya informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi terkait dengan isu Papua.


"Setelah mempertimbangkan situasi keamanan di wilayah-wilayah tersebut sudah pulih atau normal serta mempertimbangkan sebaran informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi terkait dengan isu Papua sudah mulai menurun," lanjutnya.


Lebih lanjut, Ferdinandus mengatakan Pemerintah mengimbau agar masyarakat tidak menyebarkan informasi yang tidak valid melalui media apapun yang dapat memecah belah bangsa.


"Pemerintah kembali mengimbau kita semua untuk tidak menyebarkan informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian, hasutan dan provokasi melalui media apapun termasuk media sosial, agar proses pemulihan kembali seluruh wilayah Papua dan Papua Barat cepat berlangsung," pungkasnya.


Ini nama-nama Kabupaten di Provinsi Papua yang layanan datanya sudah dibuka kembali, yaitu Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, Mappi, Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak, Yapen, dan Kabupaten Sarmi. 


Sementara di wilayah Provinsi Papua Barat pembukaan layanan data dilakukan di kabupaten Fakfak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak. 


Namun, seperti di kabupaten di Provinsi Papua yakni Kabupaten Mimika, Paniai, Deiyai, Dogiyai, Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Numfor, Kota Jayapura, Yahukimo dan Nabire. Dan di Kota Sorong, Kabupaten Sorong dan Kota Manokwari pembukaan layanan data  akan terus dipantau situasinya dalam satu atau dua hari ke depan.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal