Responsive image
Rabu, 2019-12-04 , 19:43:59 WIB

BMKG Minta Masyarakat Waspadai Gelombang Tinggi di Laut Perbatasan Negara


JAKARTA- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi gelombang setinggi 1,25 – 6 meter yang berpeluang menyambangi sejumlah perairan Indonesia termasuk wilayah perairan perbatasan negara.


BMKG menyampaikan bahwa terdapat Typhoon Kammuri 985 hPa di bagian sebelah barat Filipina. Diperkirakan Typhoon Kammuri akan berlangsung selama beberapa hari kedepan yaitu tanggal 04-06 Desember 2019.


"Untuk wilayah perairan yang dilanda gelombang setinggi 4 meter (tinggi) Laut Natuna, Perairan Kepulauan Anambas. Sedangkan untuk wilayah perairan yang dilanda gelombang setinggi 6 meter (sangat tinggi), Laut Natuna Utara, Perairan Kepulauan Natuna," ujar pihak BMKG dalam keterangan tertulsnya, Rabu (4/12/2019).


BMKG menyatakan bahwa pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Barat Laut hingga Timur Laut dengan kecepatan 3-25 knot sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan 3-20 Knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Selat Karimata, Laut Natuna, Perairan Anambas–Natuna. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.


BMKG meminta masyarakat di pesisir area yang disebutkan untuk waspada dan memperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.  


"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," pungkas pihak BMKG.


Selain wilayah yang telah disebutka sebelumnya, menurut hasil pantauan BMKG, wilayah yang akan dilanda gelombang setinggi 1,25 meter hingga 2,50 meter (sedang) adalah Selat Malaka Bagian Utara, Perairan Lhoksumawe, Perairan Sabang,  – Banda Aceh, Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Pulau Simeulue Hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu – Enggano, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda Bagian Barat dan Selatan, Samudera Hindia Barat Sumatera, Perairan Selatan Jawa Hingga Sumba, Selat Bali – Selat Lombok – Selat Alas Bagian Selatan,  Selat Sumba Bagian Barat, Perairan Selatan P. Sawu, Samudera Hindia Selatan Jawa Hingga Nusa Tenggara Timur, Perairan Timur Kepulauan Sitaro Hingga Bitung, Perairan Kepulauan Sangihe – Kepulauan Talaud,  Laut Maluku Bagian Utara, Perairan Utara Dan Timur Kepulauan Halmaera,  Laut Halmahera, Perairan Utara Papua Barat Hingga Jayapura, Samudera Pasifik Utara Halmahera Hingga Papua.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA