Responsive image
Selasa, 2019-07-30 , 15:29:13 WIB

BNPP Akan Fokus Tingkatkan SDM Perbatasan Bersama Kementerian/Lembaga


JAKARTA- Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) akan mendorong Kementerian/Lembaga untuk membangun sumber daya manusia di derah perbatasan.


Plt. Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro, mengatakan bahwa rencana tersebut sesuai dengan cita-cita Presiden Joko Widodo yang akan fokus dalam membangun sumber daya manusia di perbatasan untuk periode kedua pemerintahannya. 


"Karna itu tadi di periode kedua Pak Jokowi sudah memastikan sumber daya manusia menjadi fokus utama, jadi saya bilang kita memasuki tugas berat," katanya, pada saat sesi wawancara dengan salah satu media nasional di kantor BNPP, jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin (29/7/2019)


Lebih lanjut, Suhajar mengatakan fokus membangun sumber daya manusia di wilayah perbatasan tersebut tidak akan mengesampingkan tugas pembangunan infrastruktur di perbatasan yang sudah berjalan selama ini. Seperti 2000 km jalan di sepanjang Kalimantan, kurang lebih 1000 km di sepanjang perbatasan Papua dengan Papua Nugini, dan 176 km jalan di sepanjang perbatasan Indonesia-Timor Leste.


"Sambil meneruskan menyempurnakan infrastruktur-infrastruktur yang saya sebutkan tadi maka kita memasuki era baru sumber daya manusia tadi, bagaimana sumber daya manusia di batas negara ini betul-betul dapat ditingkatkan," lanjutnya.


Suhajar menyampaikan bahwa meningkatkan kualitas sumber daya manusia merupakan tugas yang berat. Apalagi membangun SDM perbatasan tidak bisa disamakan dengan membangun infrastruktur. 


Dimana Kementerian/Lembaga perlu mendidik masyarakat perbatasan agar kualitas SDM di perbatasan dapat meningkat. Menurut Suhajar, kualitas SDM perbatasan dapat ditingkatkan melalui pendidikan vokasi, akademi komunitas, dan pelatihan.


Untuk itulah BNPP mendorong Kementerian/Lembaga mitra BNPP untuk membangun SDM perbatasan dengan berbasis potensi lokal.


"Disitu tugas BNPP mendorong kementerian-kementerian terkait untuk membangun masyarakat perbatasan berbasis potensi lokal. Jadi kalau disitu potensinya padi kita dorong kementerian pertanian memastikan padi terbangun dengan baik disana. Kalau disitu potensinya misalnya jeruk ya kita mendorong Kementan memastikan jeruk terbangun dengan baik disana. Kalau disana potensinya seperti di NTT peternakan maka kita pastikan peternakan seperti itu," katanya.



(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA