Responsive image
Jumat, 2019-11-22 , 12:26:53 WIB

BNPP Akan Menggelar Rakor Camat Kawasan Perbatasan Tahun 2019


JAKARTA – Camat di perbatasan negara memiliki peran strategis, selain menjalankan fungsi pemerintahan di lini terdepan juga turut menjaga kedaulatan NKRI. Tantangan yang dihadapi Camat perbatasan kedepan terus berkembang dinamis seperti permasalahan ketimpangan wilayah, kemiskinan, aktifitas illegal termasuk kejahatan  transnasional, serta berbagai potensi gangguan wilayah lainnya. 


Selain itu terdapat pula tantangan dibidang pemerintahan antara lain keterbatasan baik kondisi sarpras Pemerintahan, tata kelola, maupun kapasitas SDM Aparatur. Hal tersebut menjadi prioritas untuk ditangani secara bertahap dan berkelanjutan. Untuk itu perlu terus dibangun koordinasi dan komunikasi bersama Camat Perbatasan guna meningkatkan Kapasitas melaksanakan tugas pelayanan publik, dalam kerangka mendukung dan memperkuat pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan Negara.


Sehubungan dengan itu Badan Nasional Pengelola Perbatasan akan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penguatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Kecamatan di Kawasan Perbatasan Negara yang bertujuan untuk memberikan Pemahaman dan Pengetahuan bagi Aparatur Pemerintahan Kecamatan Perbatasan mengenai Arah Kebijakan Pemerintah Kabinet Indonesia Maju 2020-2024, Tugas Penyelenggaraan urusan Pemerintahan Umum dan Tugas Camat dalam membantu pengawasan di Bidang Costum, Immigration, Quarantine (CIQ) di wilayah masing-masing sesuai amanat PP No. 17 Tahun 2018, Pasal 12. 


Rakor dilaksanakan pada tanggal 24 sampai dengan 27 November 2019 bertempat di Royal Kuningan Hotel, Jakarta Selatan yang diagendakan dibuka oleh Bapak Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP. Peserta Rakor berjumlah kurang lebih 350 orang, yang terdiri dari Kepala Badan/Biro Provinsi serta Kepala Badan/Bagian Kabupaten/Kota yang menangani Kawasan Perbatasan Negara, Camat di Kawasan Perbatasan Negara, dan Pejabat pada K/L terkait.


Rangkaian kegiatan Rakor dilaksanakan dalam 6 (enam) sesi yaitu:

1. Topik Penguatan Kewaspadaan Nasional dengan pemateri dari TNI dan Polri;

2. Topik Pengawasan Lintas Batas Negara terkait Keimigrasian dan Kepabeanan dengan pemateri dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Hukum dan HAM;

3. Topik Pengawasan Lintas Batas Negara terkait Perkarantinaan dengan pemateri dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Kelautan Perikanan;

4. Topik Efektivitas Penyelenggaraan Pemerintahan dan Peningkatan Pelayanan Publik dengan pemateri dari Kementerian Dalam Negeri;

5. Topik Arah Kebijakan Pengelolaan Perbatasan Negara yang mendukung Program Indonesia Maju dengan pemateri dari BNPP;

6. Topik Budaya dan Wawasan Kebangsaan, berupa Field Trip ke Perpustakaan Nasional RI (memperoleh gambaran tentang perjalanan sejarah, budaya, dan capaian pembangunan hingga saat ini, termasuk materi peran literasi dalam pembangunan nasional).


Melalui Rakor ini diharapkan Aparatur Pemerintah Kecamatan di Kawasan Perbatasan Negara memperoleh pemahaman dan persepsi yang sama terkait arah kebijakan dan komitmen Pembangunan Indonesia Maju 2020-2024; tugas-tugas penyelenggaraan Pemerintahan Umum dan fungsi-fungsi pelayanan publik; dukungan tugas-tugas terkait pengelolaan perbatasan, termasuk tugas membantu pengawasan di bidang Keimigrasian, Kepabeanan dan Perkarantinaan (CIQ), dalam rangka tertib administrasi di Kecamatan Perbatasan; serta tersedianya update data dan informasi Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan Negara.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA