Responsive image
Selasa, 2019-12-10 , 09:31:08 WIB

BNPP Bahas Rancangan Indikator Capaian Pengelolaan Perbatasan


JAKARTA- Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion untuk membahas Indikator Capaian Pengelolaan Perbatasan Negara.


Kegiatan diselenggarakan dalam rangka optimalisasi pengelolaan perbatasan negara yang mana dalam hal ini memerlukan indikator capaian untuk mengukur keberhasilan pembangunan perbatasan negara, yang merupakan bagian dalam Rencana Induk Pengelolaan Perbatasan Negara 2020-2024.


Dalam diskusi ini Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro, mengarahkan agar penyusunan Indikator Capaian Pengelolaan Perbatasan Negara harus mempertimbangkan ketersediaan data dan kemampuan untuk memperoleh data di kawasan perbatasan negara.


Apalagi jika berbicara mengenai survei lapangan, pihak dari BNPP memerlukan waktu yang lebih banyak dibandingkan dengan Kementerian/Lembaga lainnya karena medan yang dilalui untuk sampai ke daerah perbatasan lebih sulit. Untuk itu Suhajar menyarankan agar indikator-indikator harus dibuat serealistis mungkin agar dapat menggambarkan kondisi yang sebenarnya di perbatasan. 


"Ini Indonesia terlalu luas, kita mencapai sebuah Lokpri secara reguler berdasarkan dengan kemampuan kita. Kita membutuhkan waktu lima hari Kementerian yang lain tiga hari bisa pulang pergi. Kami tidak bisa, karena hari pertama sampai ke Ibukota Provinsi, hari kedua sampai di Ibukota Kabupaten, hari ketiga kami harus merayap lagi enam jam hingga terkadang bisa sampai 12 jam. Belum lagi sekarang gelombang di Natuna 6,5 meter tak bisa kita ke Serasan misalnya. Kondisi itu membuat saya (berpikir) indikator-indikator harus dibuat menjadi lebih realistis," ujarnya di Aryaduta Hotel, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (9/12/19).


Indikator Capaian Pengelolaan Perbatasan Negara ini dikerjakan oleh Tim Kajian Universitas Gadjah Mada.


Adapun indikator-indikator yang dibahas dalam diskusi ini adalah Indikator Kinerja Pembangunan Lokasi Prioritas (Lokpri), Indikator Kinerja Pembangunan PKSN, Indikator Kinerja Pembangunan Pintu Gerbang, dan Indikator Kinerja Pembangunan Pulau-pulau Kecil Terluar Tidak Berpenduduk.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA