Responsive image
Senin, 2019-11-04 , 23:34:15 WIB

BNPP Berharap Forpertas Sumbang Konsep Pengelolaan Kawasan Perbatasan Negara


JAKARTA- Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menggelar rapat bersama dengan Perguruan Tinggi mitra untuk mensinkronisasikan penyusunan kegiatan dalam rangka mendukung pengelolaan kawasan perbatasan negara. 


Rapat ini dibuka oleh Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro. Dalam sambutannya Suhajar menyampaikan ada lima prioritas pembangunan Presiden Joko Widodo untuk Indonesia Maju 2019-2024. Lima prioritas itu adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) prioritas utama, pembangunan infrastruktur, sederhanakan regulasi, penyederhanaan birokrasi dan transformasi ekonomi. 


Untuk mewujudkan lima prioritas presiden tersebut tidaklah mudah, Suhajar menyampaikan ada banyak permasalahan yang dihadapi. Untuk itulah keberadaan Forum Perguruan Tinggi Perbatasan (Forpertas) diharapkan dapat mengurai permasalahan yang ada dan menyumbangkan solusi terbaik untuk memajukan kawasan perbatasan. 


Ia mengatakan bahwa konsep pengelolaan kawasan perbatasan negara dari Perguruan Tinggi sangat penting bagi BNPP karena pihak BNPP sedang menyusun Rencana Induk (Renduk) 2020-2024.


"Rencana induk BNPP ini tentunya in line dengan RPJMN-nya bapak Presiden, oleh itulah lima hal pokok yang bapak Presiden arahkan saya coba provokasi disini tentunya untuk mendapatkan pikiran dari bapak ibu. Barang kali pertemuan hari ini bisa saja masih bersifat administratif dalam hal pembagian tugas, kalau masih ada waktu bantulah kami juga untuk mendalami isu-isu yang tadi sudah saya sampaikan," ujarnya di Luminor Hotel, Jakarta, Senin (4/11).


Suhajar berharap setelah rapat ini sukses terselenggara, kedepannya Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Forpertas dapat memberikan konsep yang baik.


"Bapak ibu-lah yang lebih tahu sesuai dengan bidang keilmuannya, tugas saya cuma memanas-manaskan saja. Dengan harapan nanti mendapat feed back konsep yang baik untuk kepentingan negara dan bangsa kita khususnya perbatasan negara," pungkasnya.


Rapat dihadiri oleh ASN BNPP dan 13 perwakilan Perguruan Tinggi. 13 Perguruan Tinggi tersebut adalah Universitas Gadjah Mada, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Padang, Universitas Tanjung Pura, Universitas Sriwijaya, Universitas Padjajaran, Universitas Mulawarman, dan Institut Pertanian Bogor.



(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA