Responsive image
Rabu, 2019-11-06 , 19:47:25 WIB

BNPP dan BNN Bersinergi Stop Narkoba di PLBN


JAKARTA- Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) berkomitmen untuk hentikan perdagangan narkoba di Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Komitmen ini merupakan hasil kesimpulan pertemuan antara BNPP dan BNN di kantor BNPP, Rabu pagi (6/11/2019).


Untuk mewujudkannya, BNPP akan memfasilitasi tempat berkantor bagi BNN  di seluruh PLBN. Menurut Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro, hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah masuknya narkoba dari kawasan perbatasan negara.


“Berarti kedepan, BNPP akan membantu fasilitas tempat untuk kegiatan disana, termasuk untuk berkoordinasi dengan bea cukai. Termasuk tempat jika ada pertemuan BNN dengan negara tetangga,” ujarnya.


Terlebih, lanjut Suhajar, BNN sendiri merupakan anggota BNPP. "Jadi PLBN itu juga merupakan kantor bersama anggota BNPP," ujarnya.


Deputi Hukum dan Kerjasama BNN, Irjen Pol Puji Sarwono, mengapresiasi dukungan BNPP kepada lembaganya dalam melaksanakan tugas untuk pengawasan dan penindakan perdagangan narkoba yang marak di kawasan perbatasan. "Harapan kami, bisa mendapat ruang kerja di PLBN yang memudahkan bagi kami dalam menanggulangi peredaran narkoba di kawasan perbatasan," katanya.


Pada kesempatan tersebut, Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara (Deputi I), Robert Simbolon, menjelaskan terkait rancang bangun (master plan) PLBN merupakan domain Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). Namun pihaknya dapat membantu memberikan usulan kepada Kemen PUPR. "Kami dapat mengusulkan bangunan dan ruangan di PLBN, seperti saat kami mengusulkan tata letak Pos TNI dan Polri di kawasan PLBN," paparnya.


Robert menyarankan, BNN sebagai anggota BNPP tinggal mensinergikan program kerja agar pencegahan maupun pemberantasan narkoba di perbatasan dapat terlaksana dengan baik.


“Maka saya selalu mendorong teman-teman di PLBN, ketika Bea Cukai misalnya melakukan tugasnya dalam konteks memeriksa dan melayani lintas batas barang, disitu BNN juga bisa terlibat karena dari segi teknikalitas hanya BNN yang punya kompetensi untuk mengidentifikasi barang-barang yang kita kategorikan sebagai barang narkoba,” kata Robert.


Menanggapi hal tersebut Puji Sarwono mengatakan akan menyampaikan hasil pertemuan ini dengan Kepala BNN, Heru Winarko.


“Tindaklanjutnya nanti kami laporkan ke pak Kepala, juga tentang pertemuan ini apakah nanti akan ada seperti yang disampaikan ataukah ada semacam pos atau perlu latihan dulu. Kalau mungkin ada latihan kami siap pak,” kata Puji. 


Pertemuan kedua pihak itu juga dihadiri Asisten Deputi Pengelolaan Lintas Batas Wilayah Negara BNPP, Maddaremmeng, Kepala Bagian Humas dan TU Pimpinan BNPP, Andri Indrawan, dan Kepala Sub Direktorat Kerjasama Regional dan Internasional BNN, Kombes Dodi Darjanto.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA