Responsive image
Kamis, 2020-01-16 , 20:25:31 WIB

BNPP dan Pemkab Kepulauan Anambas Matangkan Rencana Kegiatan Gerbangdutas 2020


JAKARTA- Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melaksanakan rapat koordinasi persiapan kegiatan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) 2020. Rapat ini dilaksanakan untuk mematangkan rencana pelaksanaan Gerbangdutas 2020 yang rencananya akan digelar di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.


"Sebagaimana kita ketahui bersama BNPP setiap tahunnya mencanangkan satu program yang disebut dengan Gerbangdutas. Pada acara itu Pemerintah akan menlaunching, mengumumkan kepada publik, pembangunan perbatasan tahun berjalan 2020. Tahun lalu kita buat di Morotai, dua tahun lalu kita buat di Merauke, beberapa tahun yang lalu pernah kita buat di Natuna. Maka tahun ini kita akan buat insyaallah kalau tidak ada perubahan di Kabupaten Kepulauan Anambas," ujar Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro di Kantor BNPP, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (16/1/2020).


Suhajar menjelaskan dalam acara Gerbangdutas 2020 nanti, pihak BNPP akan mengundang Ketua Pengarah BNPP yang juga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukun dan Keamanan (Menkopolhukam), Moh. Mahfud MD dan Kepala BNPP yang juga Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.


"Nanti pada acara tersebut kita akan hadirkan Menteri Koordinator Polhukam bersama dengan Menteri Dalam Negeri dan sejumlah Kementerian terkait yang dapat kita bawa dalam kegiatan tersebut," tambahnya.


Mulai dari akomodasi, daftar tamu undangan, rencana kegiatan yang akan diresmikan dan peninjauan lapangan hasil pembangunan tahun anggaran 2019, pembangunan yang akan diresmikan, data transportasi baik laut maupun udara dibahas dalam rapat kali ini.


Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, sedikit menjelaskan mengapa Kabupaten yang dipimpinnya menjadi lokasi yang strategis untuk mengadakan acara Gerbangdutas 2020.


"Anambas memiliki jumlah pulau yang sangat banyak itu 255 pulau. Anambas juga menjadi daerah strategis karna memiliki lima pulau terluar," kata Abdul Haris.


Gerbangdutas merupakan kegiatan tahunan untuk mendorong percepatan pembangunan perbatasan negara secara komprehensif, terpadu serta terintegrasi melalui kegiatan lintas Kementerian/Lembaga di kawasan perbatasan.


Gerbangdutas tahun ini merupakan kegiatan yang ke enam. Gerbangdutas diperkirakan akan dilaksanakan pada akhir bulan Februari. Sebelumnya BNPP mencanangkan kegiatan serupa di Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara pada 2015, tahun 2016 di Kalabahi, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2016. Pada 2017 di Natuna, Kepulauan Riau, tahun 2018 di Merauke, Papua dan tahun lalu di Morotai, Maluku Utara.




(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA