Responsive image
Senin, 2019-04-22 , 06:31:38 WIB

BNPP Dorong Percepatan Pembangunan Sapras dan Penguatan Aparatur Pemerintah di Kawasan Perbatasan

JAKARTA - Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Suhajar Diantoro membuka rapat pembangunan dan rehabilitasi sarana dan prasarana (Sapras) pemerintahan kecamatan dan desa serta penguatan kapasitas aparatur pemerintahan kecamatan dan desa di kawasan perbatasan (16/4/2019).

Rapat ini juga sebagai masukan terkait kebutuhan Sapras pemerintahan di kawasan perbatasan yang nantinya menjadi pedoman dalam penyusunan dokumen perencanaan kementerian dan lembaga pada tahun 2020.

Dalam arahannya, Suhajar mendorong ada pemutakhiran data desa di kawasan perbatasan. Hal ini bertujuan agar koordinasi pembangunan Sapraskecamatan dan desa serta penguatan aparatur kecamatan dan desa di kawasan perbatasan untuk kementerian dan lembaga dapat berjalan dengan baik.

"Nanti Pemdes (Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri) bersama-sama dengan BNPP dapat bersama-sama melakukan fokus kegiatan di kawasan perbatasan," ujar Suhajar.

Suhajar juga menyarankan agar dalam rapat ini dapat mensinergikan data kecamatan dan desa perbatasan yang telah mendapatkan bantuan pembangunan Sapras dan peningkatan kapasitas aparatur yang ada di Ditjen Bina Pemdes Kemendagri dan BNPP. Tujuannya agar kecamatan dan desa di kawasan perbatasan yang belum mendapat bantuan pembangunan atau rehabilitasi Sapras pemerintahan mendapat prioritas.

"Fokus BNPP dari data Ditjen Bina Pemdes Kemendagri tolong dicocokkan dengan kecamatan dan desa di kawasan perbatasan. Mana yang sudah mendapat peningkatan kapasitas desa dan mana yang  belum. Kalau ada yang belum, tolong diprioritaskan, pada 2019 atau diulang lagi di pada 2020," ujar Suhajar.

Lebih lanjut, Suhajar juga mendorong agar Ditjen Bina Pemdes Kemendagri dapat membuat program peningkatan aparatur pemerintahan serta pembangunan dan rehabilitasi Sapras prasara khusus untuk kecamatan dan desa di kawasan. Terlebih Ditjen Bina Pemdes Kemendagri memilik alokasi dana rehabilitasi kantor desa seluruh Indonesia.

"Saya berharap dari 1639 desa dan kelurahan di perbatasan ada yang mendapat prioritas secara khusus," jelas Suhajar.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal