Responsive image
Senin, 2019-09-30 , 16:52:50 WIB

BNPP Gelar Forum Tematik Bakohumas Menjaga Rumah Merah Putih di Batas Negeri


JAKARTA- Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menggelar Forum Tematik Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Tematik Pengelolaan Perbatasan dengan tema "Menjaga Rumah Merah Putih di Batas Negeri".


Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan keberadaan dan peran BNPP, terutama pengelolaan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di perbatasan negara kepada para peserta kegiatan, serta mengajak para peserta untuk turut ambil bagian mempublikasikan pengelolaan perbatasan negara.


Plt. Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro, dalam sambutannya mengatakan bahwa berdasarkan Rencana Induk Pengelolan Perbatasan Negara dan penjabarannya ke dalam Rencana Aksi (Renaksi) tahunan, hingga Juni 2019 telah banyak sasaran pembangunan yang dicapai dan diwujudkan.


Namun demikian belum seluruhnya dapat tercapai sehingga pembangunan kawasan perbatasan dan penanganan batas wilayah masih memerlukan perhatian khusus dan akselerasi diwaktu mendatang.


"Berbagai langkah yang dilakukan BNPP dalam menjalankan tugas dan fungsi hingga saat ini telah menghasilkan berbagai kemajuan di kawasan perbatasan, khususnya melalui upaya mendorong Kementerian/Lembaga terkait untuk melaksanakan program-programnya di kawasan perbatasan," ujarnya di Oasis Amir Hotel, Jakarta Pusat, Senin (30/9).


Suhajar menuturkan kemajuan di kawasan yang dapat terlihat diantaranya adalah terbangunnya tujuh Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu yang tersebar tiga provinsi. Dimana tiga PLBN berada di Nusa Tenggara Timur, tiga di Kalimantan Barat dan satu di Papua.


Selain itu tujuh PLBN Terpadu tersebut saat ini telah menjadi tujuan destinasi dan kawasan sentral ekonomi baru yang mampu menjadi pundi-pundi devisa baru bagi negara, yang diperoleh dari hasil transaksi perdagangan warga negara tetangga di pasar-pasar yang dibangun dalam zona pendukung PLBN.


Dalam kesempatan tersebut Suhajar memohon bantuan anggota Bakohumas yang hadir dalam kegiatan hari ini untuk dapat membantu BNPP dalam mensosialisasikan capaian kerja pengelolaan batas wilayah negara dan pembangunan kawasan perbatasan.


"Kami memohon bantuan anggota Bakohumas untuk dapat membantu BNPP dalam mensosialisasikan dan mempublikasikan capaian kerja pengelolaan batas wilayah negara dan pembangunan perbatasan melalui branding #WajahBaruPerbatasanNegara dan #PerbatasanJamanNow," pungkasnya.


Kegiatan ini dihadiri oleh 150 orang peserta yang terdiri dari undur Kementerian/Lembaga anggota Bakohumas, Humas Pemerintah 


Daerah Provinsi yang wilayahnya berada pada kawasan perbatasan negara, Pejabat dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang wilayahnya berada pada kawasan perbatasan negara, serta Pejabat dan Staf Sekretariat tetap di Lingkungan BNPP.


Sementara Narasumber dalam Forum Tematik Bakohumas kali ini adalah Manajer Dept. Penelitian Litbang Kompas, Toto Suryaningtyas dan Redaktur Tapalbatas Detik.com, Danu Damarjati. Dan dimoderatori oleh Astrid Wibisono, News Presenter Kompas TV.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA