Responsive image
Selasa, 2019-05-21 , 13:11:09 WIB

BNPP Genjot Masyarakat di PLBN Motaain Berwirausaha

BELU - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mendorong masyarakat Tasifeto Timur untuk memanfaatkan bangunan kios yang terletak di kawasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai tempat aktivitas perdagangan.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris BNPP Suhajar Diantoro meminta kepala administrasi PLBN Motaain bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk mendata masyarakat berjiwa wirausaha dapat berdagang di kios yang telah tersedia.

Pendataan ini juga bertujuan untuk memberi prioritas bagi masyarakat di sekitar PLBN yang ingin berwirausaha.

"Survei masyarakat di sekitar sini yang berpotensi jadi wirausaha direkrut. Kami akan datangkan Asdep potensi darat untuk melakukan pelatihan, dan kerjasama dengan Menkop UMK untuk permodalan," ujar Suhajar saat rapat identifikasi masalah di PLBN Motaain, Belu, Nusa Tenggara Timur, Senin (20/5/20219).

Suhajar juga meminta agar kepala administrasi PLBN Motaain melakukan survei kepada masyarakat Timor Leste terkait hal yang disukai. Mulai dari makanan hingga barang. Hal ini dapat dijadikan patokon bagi masyarakat yang ingin berwirausaha di kawasan PLBN.

"Yang bertahun-tahun di sini harusnya sudah tahu, waktu warga Timor Leste balik ke asal, tas mereka isinya apa. Misal mie instan, atau telur asin. Jangan sampai warga Timor Leste tak suka Jengkol, kita dagang Jengkol di sini," ujar Suhajar.

Lebih lanjut, Suhajar menyatakan selain pendataan barang dan calon wirausaha, perlu juga dibuat program insentif kepada wirausaha. Semisal meringankan beban sewa kios selama enam atau satu tahun pertama.

"Nanti kalau sudah jalan usahanya, tetapkan biaya kios yang sesuai aturan. Kemana uang sewanya, itu masuk oenerimaan negara bukan pajak," jelas Suhajar.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal