Responsive image
Kamis, 2020-03-26 , 17:52:29 WIB

BNPP Lakukan Refocussing Anggaran untuk Tangkal Covid-19


JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melakukan Refocussing Anggaran Tahun 2020. Penggunaan anggaran yang telah ada diminta digunakan untuk mempercepat kegiatan penanganan Covid-19 di lingkungan BNPP maupun Pos Lintas Batas Negara (PLBN).


Langkah ini diambil berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia No.4 Tahun 2020 tentang Refocussing kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam rangka Percepatan penanganan Covid-19, dan memperhatikan arahan Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP, pada Rapat Pimpinan di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan BNPP serta hasil rapat Eselon I, II, III di lingkungan BNPP.


"Untuk mengakomodasi kebutuhan yang mendesak dan waktu yang terbatas, Biro Keuangan Umum dan Humas, diminta untuk mengutamakan penggunaan alokasi anggaran yang telah ada untuk kegiatan-kegiatan yang mempercepat penanganan Covid-19. Baik untuk di lingkungan BNPP pusat maupun PLBN," ujar Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro, Kamis (26/3/2020).


Khusus untuk PLBN yang melaksanakan pelayanan langsung aktifitas lintas batas akan ditambah pengadaan Alat Pelindung Diri seperti pengadaan masker dan sarung tangan bagi ASN yang bekerja di kantor, Penyediaan hand sanitizer dan sabun cuci tangan di lingkungan kantor, Pemberian suplemen Vitamin C dan Vitamin E bagi setiap pegawai, Pengadaan bilik desinfektan, Pengadaan dan pelaksanaan Rapid Tes bagi setiap pegawai.


Suhajar menjelaskan, Refocussing dan Realokasi anggaran kegiatan dapat ditunda dengan melakukan identifikasi anggaran yang akan di Self Blocking untuk antisipasi penetapan anggaran K/L oleh Kementerian Keuangan, yang akan disampaikan kepada Menteri Tito Karnavian paling lambat 30 Maret 2020 dengan total perkiraan sementara sebesar Rp.4.500.000.000,- yang akan disesuaikan kembali setelah ada penetapan dari Kemenkeu. 


BNPP telah menyiapkan langkah-langkah yang dapat dilakukan masing-masing Kedeputian untuk menyukseskan Refocussing Anggaran ini. Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah Refocussing anggaran perjalanan dinas dan kegiatan rapat yang rencana akan diserap di bulan April-Juni 2020; Rapat hanya dua kali yang salah satunya harus dilaksanakan di daerah perbatasan dan satu rapat lainnya dilaksanakan di Jakarta; Meniadakan rapat yang dilaksanakan di hotel dengan kata lain rapat akan dilaksanakan di dalam kantor; serta kontraktual yang belum dilaksanakan dan tidak menghasilkan output dan outcome yang terukur dalam Renstra 2020-2024 agar dihilangkan.


"Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka agar saudara Deputi I, II, dan III dengan para Asdep serta kepala Biro untuk mengexercise anggarannya yang akan di Self Blocking untuk antisipasi penetapan anggaran K/L oleh Kemenkeu dan disampaikan ke Biro Perencanaan dan Kerjasama paling lambat hari Jumat tanggal 27 Maret 2019," pungkas Suhajar.


(Humas BNPP)


VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA