Responsive image
Selasa, 2019-09-24 , 20:45:55 WIB

BNPP Luncurkan Aplikasi PPID Untuk Penuhi Kebutuhan Informasi Publik Tentang Perbatasan


JAKARTA- Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) membuat aplikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam rangka meningkatkan pelayanan informasi dan dokumentasi yang berkualitas kepada masyarakat.


Pembentukan PPID tersebut merupakan bagian dari konsekuensi diterbitkannya Undang-undang No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (UU KIP), yang mensyaratkan semua badan publik yakni lembaga pemerintah yang dalam pengelolaannya menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berkewajiban memberikan informasi terutama kepada pemohon informasi.


Demikian disampaikan Kepala Biro Keuangan, Umum dan Humas (KUH), Indra Purnama, mewakili Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro, dalam acara sosialisasi keterbukaan informasi publik dan pelaporan pengaduan masyarakat.


"Untuk mengelola informasi dan dokumentasi tersebut, pada setiap badan publik dibentuk PPID. " ujarnya di Oasis Amir Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (24/9).


Bagi masyarakat yang sudah melakukan permohanan informasi namun tidak mendapatkan haknya dapat mengajukan keberatan kepada atasan PPID yakni Sekretaris BNPP.


Untuk memenuhi kebutuhan informasi dan dokumentasi bagi publik, setiap biro dan keasdepan menjadi PPID Pembantu yang akan mensuplay informasi kepada PPID secara rutin dan apabila ada permohonan informasi dari publik.


"Kemudian pada setiap biro dan keasdepan menjadi PPID Pembantu yang akan mensuplay informasi kepada PPID secara rutin dan bila ada permohonan informasi dari pemohon informasi," lanjutnya.


Pihak BNPP berharap dengan diluncurkannya aplikasi PPID ini dapat membantu publik untuk lebih mudah mendapatkan informasi mengenai perbatasan negara.


“Harapan saya, pengelolaan, pelayanan informasi  dan dokumentasi di lingkungan BNPP ini dapat dikoordinasikan secara baik, cepat, akurat dan responsif, sehingga pemohon informasi dapat terpenuhi haknya dan performa PPID dan PPID Pembantu dapat dilaksanakan dengan optimal,” pungkasnya.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA