Responsive image
Kamis, 2019-03-28 , 14:27:30 WIB

BNPP Sosialisasi Perpres 11/2017 Untuk Harmonisasi Pembangunan Kawasan Perbatasan

MANADO - Harmonisasi dalam pembangunan di kawasan perbatasan menjadi penting, untuk itulah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melakukan sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) 11/2017 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perbatasan Negara di Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Gorontalo, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Utara.

Deputi bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan, Boytenjuri menjelaskan tujuan dari sosialisasi ini untuk memberi pemahaman bersama terkait pengelolaan tata ruang di lima provinsi yang memiliki batas laut. Sebab sekarang ini fokus pendekatan perbatasan tidak hanya soal keamanan, melainkan ada pembangunan kesejahteraan masyarakat, peningkatan infrastruktur, pemanfatan potensi kawasan hingga peningkatan kapasitas dan kualitas tata kelola perbatasan melalui penguatan kelembagaan.

"Diharapkan pembangunan kawasan perbatasan di lima provinsi menjadi harmonis, dan pengaturan tata ruangnya akan menjadi lebih baik dan satu kesatuan yang utuh. Terlebih kawasan perbatasan laut," ujar Boy sambutan pembuka kegiatan sosialisasi Perpres 11/2017  di Grand Puri Manado, Manado, Kamis (28/3/2019).

Lebih lanjut, Boy juga mengharapkan peraturan daerah terkait tata ruang yang sudah ada di masing-masing provinsi dapat ditinjau kembali agar sejalan dengan Pepres 11/2017. Adapun tujuan Perpres ini untuk mewujudkan  kawasan fungsi pertahanan dan keamanan negara untuk menjamin keutuhan, kedaulatan, dan ketertiban wilayah negara yang berbatasan dengan negara Filipina dan Malaysia, mewujudkan kawasan berfungsi lindung yang lestari dan mewujudkan Kawasan Budi Daya yang mandiri dan berdaya saing.

"Untuk program dan kegiatan sudah tercantum dalam Perpres ini, jadi pembangunan di kawasan perbatasan di lima provinsi, khususnya perbatasan laut akan menjadi lebih baik," ujar Boy.

 

(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA