Responsive image
Jumat, 2019-08-30 , 21:14:41 WIB

BNPP Teken Perjanjian Kerja Sama Dengan BPIP Soal Pembinaan Ideologi Pancasila


JAKARTA- Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tentang pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila di kawasan perbatasan.


Penandatanganan PKS tersebut sebagai tindak lanjut penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara BPIP dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang ditandatangani pada 20 Mei 2019 yang lalu.


Plt. Kepala BPIP, Hariyono, mengatakan perjanjian kerjasama digelar untuk mengaktualisasikan Pancasila dalam setiap kebijakan negara.


"Kami di BPIP berusaha agar nilai-nilai Pancasila itu bisa teraktualisasi di dalam bentuk kebijakan-kebijakan negara. Kemendagri sebagai bagian dari negara, tentu akan berusaha agar semua kebijakannya juga sesuai dengan Pancasila," ujarnya di Kantor BPIP, Jakarta Pusat, Jumat (30/8).


Tujuan dari penandatanganan PKS tersebut adalah untuk mendukung pemetaan mutiara Pancasila, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan ideologi Pancasila serta mendokumentasikan kearifan lokal yang merupakan implementasi nilai-nilai Pancasila  di kawasan perbatasan.


Tindak lanjut nota kesepahaman antara BNPP dan BPIP menghasilkan beberapa PKS antara lain menggali dan memetakan mutiara Pancasila sebagai salah satu dasar implementasi nilai-nilai Pancasila; pemberdayaan komponen masyarakat dalam menggali mutiara Pancasila dan pengamalan nilai-nilai Pancasila; pelatihan dan pembinaan nilai-nilai Pancasila di kawasan perbatasan; serta tukar menukar informasi, pengkajian dan bidang lain yang berkaitan dengan pembinaan ideologi Pancasila sesuai kebutuhan yang disepakati para pihak.


Selain BNPP, BPIP juga melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila bersama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri, Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Direktoral Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Institut Pemerintahan Dalam Negeri, dan Deputi Bidang Politik Pemerintahan Umum Kemendagri.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA