Responsive image
Senin, 2019-08-19 , 16:54:51 WIB

Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara Sampaikan Amanat Kepala BNPP Saat HUT Kemerdekaan

ALOR - Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara (Deputi I) Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Drs. Robert Simbolon, M.PA sampaikan amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, yang juga menjabat sebagai Kepala BNPP pada upacara Peringatan HUT RI ke 74 tahun 2019 di Kabupaten Alor, Sabtu (17/8/2019), tepatnya di lapangan Mini Kalabahi, Kel. Kalabahi Kota, Kec. Teluk Mutiara, Kab. Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Bertindak sebagai Perwira Upacara Letnan Satu Inf Johanis Malaipada dan Komandan Upacara Kapten Inf Samuel Ulle.

Mengawali sambutannya, Robert mengucapkan terima kasih karena sudah menjadi bagian dari warga Alor dan hari ini dirinya mengenakan pakaian adat khas Alor tampil sebagai irup pada upacara HUT RI ke 74 hari ini.

Dalam sambutannya, Mendagri mengajak seluruh peserta upacara untuk menundukan kepala sejenak, mengangkat hati untuk dapat menyelami keagungan Sang Pencipta atas kasih dan ridho-Nya. "Maka di hari kemerdekaan untuk seluruh rakyat Indonesia baik dalam negeri maupun diluar negeri masih diberi kesempatan mengenang kembali peristiwa heroik yang terukir dalam bentangan sejarah perjalanan bangsa dan negara Indonesia," kata Kepala BNPP, yang dibacakan Robert.

Selanjutnya, Robert mengajak seluruh masyarakat Alor untuk selalu bersyukur karena memiliki daerah yang berbatasan laut langsung dengan negara Republik Demokratik Timor Leste dan sebagai tanah terjanji surga di Timur Matahari seperti yang diucapkan Bupati Alor saat menyambut kedatangnya bersama rombongan.

Walaupun tidak merasakan pahit getirnya perjuangan melawan penjajah, saat detik-detik proklamasi memiliki nilai dan makna yang sangat berarti, karena kemerdekaan bukanlah hadiah tetapi hasil pergumulan panjang bangsa Indonesia selama lebih dari tiga abad.

Pertumpahan darah dari putra putri terbaik bangsa berguguran, bahkan rakyat jelatah pun ikut menjadi korban secara mengenaskan selama 350 tahun ditindas oleh penjajah.

Robert mengajak membangun refleksi yang tajam sehingga kita dapat menemukan dasar pijak sejarah yang tepat untuk melanjutkan tapak-tapak perjuangan mulia dari para pendiri bangsa ini.

Pada kesempatan peringatan HUT RI ke 74 kali ini, mengangkat tema nasional “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU”. Tema ini lahir dari inspirasi visi Presiden RI Joko Widodo pada masa kepemimpinan kedua yang menggeser fokus prioritas pada pembangunan Sumber Daya Manusia.

Ketersediaan SDM yang unggul merupakan kebutuhan utama saat ini, setelah pembangunan infrastruktur. Tema ini pula, untuk menciptakan negara Indonesia yang lebih kuat, produktif dan mampu mengikuti setiap gerakan perubahan zaman.

Robert menegaskan pada peringatan HUT RI ke 74, Pemerintah telah bertekat tidak ada sejengkal wilayah pun di Indonesia terutama daerah perbatasan seperti Kabupaten Alor yang akan dibiarkan terlepas dari pangkuan Ibu Pertiwi.

Harapan Robert untuk Kabupaten Alor tetap akan menjadi bagian utuh dari NKRI, meski pun jauh dimata, tetapi selalu dekat dihati Pemerintah.

“Mari kita bersatu saling menopang terus membangun daerah ini. Jangan pernah berhenti melakukan rintisan pelayanan meskipun kecil tetapi bernilai bagi kemajuan hidup banyak orang terkhusus di Alor sebagai Tanah Terjanji, Surga di Timur Matahari,” tutup Simbolon.

(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA