Responsive image
Selasa, 2020-01-21 , 16:35:30 WIB

Entry Meeting Pemeriksaan BPK Atas Laporan Keuangan BNPP dan Kemendagri Tahun 2019


JAKARTA- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bersama dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan entry meeting pemeriksaan atas laporan keuangan Tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Konsultasi , Lantai 19 Gedung Tower BPK RI, Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav.31, Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2020).


Kepala BNPP yang juga Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, meminta pihak Kemendagri dan BNPP kooperatif dalam pemeriksaan atas laporan keuangan Tahun 2019 oleh BPK.


"Kemendagri dan BNPP saya minta kita kooperatif tentunya karna ini adalah amanat undang-undang, kita welcome dengan teman-teman dari BPK. Dukungan apapun yang diminta kita akan sangat terbuka karna memang tidak ada informasi rahasia yang terlalu banyak di Kemendagri. Kemudian kami juga mengucapkan selamat datang nanti di Kemendagri, silahkan untuk melakukan tugas maupun sekaligus memberikan masukan untuk perbaikan," kata Menteri Tito.


Dalam kesempatan tersebut Anggota V BPK, Bahrullah Akbar, menyampaikan tujuan pemeriksaan laporan keuangan adalah untuk memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan BNPP dan laporan keuangan Kemendagri Tahun 2019 dengan sejumlah pertimbangan.


Pertimbangan-pertimbangan tersebut adalah kesesuaian laporan keuangan yang diperiksa dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan informasi keuangan dalam laporan keuangan sesuai dengan pengungkapan yang diatur dalam SAP, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan terkait dengan pelaporan keuangan dan efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI).


Adapun lingkup pemeriksaan BPK adalah Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, Laporan Operasional (LO), Laporan Perubahan Ekualitas (LPE), dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK). Pemeriksaan akan dilaksanakan mulai dari 21 Januari 2020 sampai dengan 21 April 2020.


Bahrullah meminta laporan keuangan unaudited BNPP dan Kemendagri Tahun 2019 agar disampaikan tepat waktu dan telah direviu oleh Itjen Kemendagri. Selain itu BNPP dan Kemendagri diminta agar memberikan dudkungan data dan informasi yang diperlukan selama pelaksanaan kegiatan pemeriksaan, sehingga kegiatan pemeriksaan berjalan lancar dan tepat waktu.


"Komunikasi antara Kemendagri dan BNPP dengan tim pemeriksa diharapkan dapat berjalan dengan baik, dengan tetap menjunjung tinggi independensi, integritas, dan profesionalisme," kata Bahrullah.



(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA