Responsive image
Kamis, 2019-05-09 , 20:25:28 WIB

Festival Crossborder Skouw 2019 Resmi Digelar



JAYAPURA - Festival Crossborder Skouw 2019 resmi digelar. Pembukaan rangkaian Festival Crossborder Skouw 2019 sendiri diwarnai dengan pemukukan alat musik khas Papua, Tifa, oleh seluruh tamu undangan di Lapangan PLBN Terpadu Skouw, Jayapura, Papua(9/5/2019).

Festival Crossborder Skouw 2019 memiliki rangkaian acara beragam yang seluruhnya pasti akan diusahakan melibatkan wisatawan asal Papua Nugini.

Pada acara ini, digelar syukuran 2 tahun peresmian Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw 2019 oleh Presiden Joko Widodo, 9 Mei 2017 lalu. Syukuran ditandai dengan pemotongan tumpeng.

Pemotongan tumpeng yang dilakukan Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano, dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Papua New Guinea dan Kepulauan Solomon Andriana Supandy. Menariknya, perayaan ini diiringi dengan Lagu Selamat Ulang Tahun yang dibawakan duta reggae Indonesia Ras Muhamad.

Pembukaan Festival Crossborder Skouw 2019 dihadiri sejumlah tamu undangan. Terdiri dari Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Ricky Fauziyani, Kepala Imigrasi Kelas I Jayapura Gatut, Asisten Deputi Pelintas Batas Negara dengan yang diwakilkan Yan Numberi, Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Para Raider 328/Dirgahayu Mayor Inf Erwin Iswari, dan sejumlah tamu lainnya.

Benhur Tomi mengatakan antusias pengunjung yang datang untuk menghadiri acara ini sangat tinggi baik dari Indonesia maupun Papua New Guinea.

Dalam kesempatan itu Walikota Jayapura memberikan penghargaan atas dedikasi dan loyalitasnya dalam menjaga kedaulatan di wilayah Indonesia  kepada  SATGASBAN 16 dan juga kepada Yonif para raider 328.

“Terimakasih untuk semua pihak yang memberi dukungan kepada event ini , dan memberikan apresiasi kepada Kementrian Pariwisata yang melaksanakan event ini setiap tahun dalam kesempatan ini disampaikan mendukung target kementerian pariwisata dalam mengejar target wisatawan yang masuk ke Indonesia. Namun untuk skouw agar memperketat identitas pelintas dan lebih tertib lagi untuk jalur transportasi yang lalu lalang di lingkungan PLBN Skouw,“ tegas Benhur Tomi.

Event kali ini ada yang berbeda karna langsung di hadiri oleh DUBES RI – PNG yang memberi dukungan pada Festival Cross Border 2019 ini. 

Acara ini dimeriahkan oleh Drum Band TNI dari Satgas Pamtas RI-PNG, Yonif Para Raider 328/Dirgahayu, dan juga beberapa lomba paduan suara. Kali ini tenaga penunjang PLBN Skouw pun ikut ambil bagian dalam lomba.

Festival Cross Border dimeriakan oleh penyanyi regge Stefen Coconut Treez yang akan tampil pada hari sabtu saat penutupan event.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan PLBN Terpadu Skouw Yan Numberi, PLBN Skouw sebenarnya sudah ada sejak lama.

“Jadi pos lintas batas Skouw sudah ada sejak lama. Kalau tidak salah namanya PPLB. Kemudian dibangunlah gedung baru PLBN Terpadu yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 9 Mei 2017 lalu. Jadi yang kita lakukan adalah syukuran 2 tahun peresmian gedung PLBN Terpadu Skouw,” terang Yanz Numberi.

Wisman (wisatawan mancanegara)  nampak antusias. Mereka mengunjungi booth-booth yang ada. Kemudahan memang diberikan buat mereka. Apalagi disediakan juga tempat penukaran uang. 

Wisatawan Papua Nugini yang membawa mata uang Kina asal negaranya, bisa langsung menukarkannya dengan rupiah. Selain itu ada juga atraksi dari drumband TNI Pamtas, dan tarian tradisional Papua.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal