Responsive image
Rabu, 2019-05-15 , 07:15:24 WIB

Gubernur Kaltara Dukung Percepatan Pembangunan PLBN di Sei Menggaris

TANJUNG SELOR - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo selaku Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan  (BNPP) menyatakan pemerintah telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan. Ia meminta para gubernur dan bupati/walikota di 5 provinsi tempat pembangunan PLBN untuk berkoordinasi dan memfasilitasi pembangunan.

"Gubernur dan bupati/walikota di 5 provinsi, Kepri, Kalbar, Kaltara, Papua, dan NTT yang menjadi lokasi pembangunan 11 PLBN di Tahun 2019, agar memberikan dukungan, antara lain berupa koordinasi dan penyiapan lahan, pengalihan atau hibah aset, percepat proses perizinan, serta fasilitasi pembangunannya," tutur Tjahjo.

Dalam rangka percepatan pembangunan Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie meminta kerja sama warga masyarakat perbatasan Kabupaten Nunukan terkait pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) (19/5/2019).

“Ini bertujuan untuk memberikan kecintaan masyarakat terhadap negara. Makanya harus dibangun sesuai dengan kultur masyarakatnya. PLBN di daerah lain di Indonesia juga menyesuaikan dengan nilai budaya yang ada di tempatnya,” kata Irianto.

Kepala Biro Pengelola Perbatasan Sekretariat Provinsi (Setprov) Kaltara, Samuel ST Padan menjelaskan bahwa, Ada tim yang bertugas untuk melihat lokasi untuk penetapan titik. Penetapan titik koordinat itu bertujuan untuk memastikan di mana Indonesia akan membangun PLBN.

Jumlah PLBN di provinsi termuda Indonesia ini akan bertambah menjadi lima titik dari yang sebelumnya hanya ada empat titik, yakni di Sei Pancang, Labang, Long Midang, dan Long Nawang.

"Untuk yang empat ini sudah di Inpres-kan. Kalau yang satu ini (PLBN di Sei Menggaris) baru disetujui antara Kaltara dan Sabah," kata Samuel.

Adapun untuk rencana tambahan PLBN di provinsi ke-34 ini, memang belum ada pembangunannya. Namun, infrastruktur pendukung seperti jalan sudah tuntas semua. Sebab, jalan di perbatasan dari Sungai Ular sampai Malinau sudah tembus dan beraspal mulus.

"PLBN (Sei Menggaris) ini dibangun dekat Pos Gabma Indonesia-Malaysia," kata Samuel. 

Samuel menilai, pembangunan PLBN di Sei Menggaris itu akan menguntungkan kedua negara. Salah satu tolak ukurnya, intensitas barang dan manusia yang akan melintas berpotensi cukup tinggi. Tentunya persoalan ini yang menjadi pertimbangan untuk melakukan kesepakatan bersama.


(Humas BNPP dan Sumber lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal