Responsive image
Rabu, 2019-06-12 , 10:02:17 WIB

Gubernur Kaltara Rencanakan Pembangunan Toko Indonesia Di Sebatik


TANJUNG SELOR-Untuk mewujudkan tata kelola perbatasan negara yang efektif dalam rangka perwujudan kawasan perbatasan negara sebagai halaman depan negara yang berdaya saing, Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie, menggagas untuk membangun Toko Indonesia di Sebatik.

Sebatik merupakan sebuah pulau yang merupakan daerah perbatasan Indonesia-Malaysia. Saat ini gagasan Irianto mulai ditindaklanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkaitnya.

Dilansir dari kaltim.tribunnews.com, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM), kini telah menyiapkan tahap perencanaan untuk pembangunan toko di perbatasan negara tersebut.

Kepala Disperindagkop dan UKM Kalimantan Utara, Hartono, mengatakan untuk tahun ini realisasi pembangunan Toko Indonesia di Sebatik dimulai dengan tahap perencanaan.

“Tahun ini kita baru akan membuat perencanaanya. Setelah itu nanti, selanjutnya akan dibangun fisiknya. Soal berapa anggaran yang dibutuhkan, bagaimana gambaran fisik bangunannya, nanti baru bisa diketahui setelah dari hasil perencanaan yang dilakukan oleh pihak Konsultan,” ujar Hartono, Rabu (12/6).

Hartono menjelaskan bahwa secara teknis perencanaan hingga pembangunannya nanti dilakukan oleh OPD terkait. Dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPU-Perkim) Kaltara.

Rencana pembangunan Toko Indonesia di Sebatik merupakan gagasan Gubernur Irianto, setelah sebelumnya gagasan serupa telah terealisasi di Krayan yang merupakan perbatasan Indonesia dengan Sabah, Serawak dan Brunei Darussalam.

Lahan yang akan digunakan untuk membangun Toko Indonesia di Sebatik merupakan lahan hibah dari masyarakat yang luasnya setengah hektare.

Hartono menerangkan bahwa gagasan Gubernur Irianto membangun Toko Indonesia di Sebatik karena melihat disparitas harga yang tinggi di wilayah perbatasan. Disamping itu juga karena ketergantungan masyarakat di wilayah perbatasan dengan produk-produk luar negeri.

“Tujuannya, selain dapat menstabilkan harga barang di wilayah perbatasan, adanya Toko Indonesia di wilayah perbatasan ini juga dapat menaikkan martabat bangsa. Yaitu dapat memicu kesadaran untuk bela negara, melalui cinta kepada produk dalam negeri,” pungkasnya.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

SIMTAS
LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal