Responsive image
Rabu, 2019-08-07 , 21:41:50 WIB

Jalan Sabuk Merah Perbatasan RI-Timor Leste Perlu Pemeliharaan


JAKARTA- Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Boytenjuri, mengatakan jalan Sabuk Merah memerlukan pemeliharaan karena ada kerusakan dibeberapa titik. 


Hal ini diungkapkan oleh Boytenjuri usai menghadiri acara Pengelolaan Potensi dan Infrastruktur Kawasan Perbatasan Negara yang diadakan di Kabupaten Belu dan Malaka, Nusa Tenggara Timur, Selasa (6/8).


"Hal yang berkembang dalam rapat diantaranya pemeliharaan jalan Sabuk Merah, dan ada beberapa titik dalam kondisi rusak," ujarnya.


Lalu apa sahabat netizen perbatasan tahu apa itu Jalan Sabuk Merah? Jalan Sabuk Merah merupakan salah satu jalan penting yang berada di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste tepatnya di provinsi Nusa Tenggara Timur.


Jalan Sabuk Merah adalah jalan sepanjang 179,99 kilometer yang menghubungkan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain di Kabupaten Belu dan PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka.


Hingga ditahun 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang merupakan anggota BNPP telah mengaspal jalan Sabuk Merah sepanjang 85 kilometer dari 179,99 kilometer.  Sedangkan ditahun 2019 ini akan bertambah dan sedang dikerjakan sepanjang 46 kilometer, sehingga sisanya akan dituntaskan pada tahun 2020 mendatang.


Sepanjang Jalan Sabuk Merah Sektor Timur tersebut rencananya akan dibangun sebanyak 44 buah jembatan dengan panjang 1600 meter. Di tahun 2018 telah terbangun sebanyak 31 buah jembatan dengan panjang 1250 meter.


Sedangkan sisanya pada tahun ini akan diselesaikan 13 buah jembatan. Jembatan yang dibangun tersebut semuanya terbuat dari rangka baja dengan bentang rata-rata 60 meter. 


Jalan Sabuk Merah Perbatasan Indonesia-Timor Leste ini punya arti penting karena akan menjadi akses pendekat ke garis perbatasan sehingga bisa mempermudah pengawasan garis perbatasan di dua negara tersebut.


Jalan Sabuk Merah tidak hanya berfungsi untuk menghubungkan beberapa pos keamanan sepanjang PLBN Motaain dan PLBN Motamassin saja. Tapi pembangunan Jalan Sabuk Merah di pinggir Indonesia ini pun mendukung perekonomian masyarakat setempat.


Salah satu potensi ekonomi yang bisa didorong adalah sektor pariwisata. Jalan Sabuk Merah ini memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke sebuah sabana Fulan Fehan di Lamaknen, Kabupaten Belu.


Fulan Fehan merupakan sebuah lembah di kaki Gunung Lakaan dengan sabana yang sangat luas. Di tempat ini wisatawan dapat melihat kuda yang bebas berkeliaran, pohon kaktus yang tumbuh subur dan hamparan padang sabana yang luasnya tak terjangkau oleh mata. Selain Fulan Fehan wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa obyek wisata bersejarah lainnya yang tak jauh dari lembah ini.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
MATERI
ARORA
Rakordal