Responsive image
Jumat, 2019-08-16 , 16:38:20 WIB

Jokowi Berharap Pemerintah Dan DPD Terus Bergerak Membangun Indonesia Dari Pinggiran


JAKARTA- Presiden Joko Widodo berharap Dewan Perwakilan Daerah (DPD) bersama dengan pemerintah dapat bersama-sama membangun Indonesia dari pinggiran.


Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam pidatonya pada Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2019 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta Selatan, pada Jumat (16/8).


"Kita berharap DPD bersama pemerintah terus bergerak membangun Indonesia dari pinggiran, dari daerah dan desa. Dukungan DPD untuk memajukan daerah harus terus dilanjutkan," ujarnya.


Presiden Jokowi menyampaikan bahwa daerah-daerah merupakan pilar penting bagi Negara kesatuan Republik Indonesia. Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi juga memuji DPD dalam perannya sebagai representasi daerah.


"Saya mengapresiasi respons cepat DPD dalam menyikapi tantangan mendesak yang dihadapi oleh daerah, seperti tantangan kedaulatan pangan, penataan hak ulayat dan masyarakat hukum adat, pemanfaatan energi terbarukan, dan pengembangan UMKM," lanjutnya.


Lebih lanjut Presiden Jokowi menyampaikan bahwa DPD harus meniadakan peraturan daerah yang dapat menghambat masyarakat serta pelaku usaha.


"Perda-Perda yang formalitas, berbelit-belit, dan menghambat masyarakat serta pelaku usaha harus dipangkas. Tata kelola pemerintahan dan keuangan daerah harus ditingkatkan," pungkasnya.


Hingga saat ini Pemerintah melalui Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) dan Kementerian/Lembaga tidak berhenti membangun dari pinggiran atau wilayah perbatasan.


Di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) yang merupakan anggota BNPP telah membukan keterisolasian dan keterbelakangan daerah perbatasan.


Dimana pemerintah melalui Kemen PUPR telah membangun 7 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang tersebar di Kalimantan, Nusa Tenggara Timur, dan Papua yang mana di tiga wilayah tersebut berbatasan langsung dengan negara tetangga.


(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA