Responsive image
Kamis, 2019-02-28 , 07:37:20 WIB

Jokowi Kucurkan Dana 1,7 T Bangun 11 PLBN

JAKARTA - Empat dari 11 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) akan dibangun dalam waktu dekat. Kementerian PUPR selaku anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) sudah membuka paket lelang proyek pembangunan empat PLBN yang masuk dalam Inpres 1/2019 tentang Percepatan Pembangunan PLBN terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Sumadilaga menjelaskan empat paket proyek yang sudah masuk tahap lelang yakni pembangunan PLBN Sota di Merauke, Papua, PLBN Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, PLBN Sei Pancang dan Long Midang/Krayan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. 

"Sekarang yang sedang dalam proses ada PLBN Sota, dua di Kalimantan Utara dan satu lagi di Kalimantan Barat dan dalam waktu dekat akan segera dibangun," ujarnya seperti diberitakan Detikfinance, Rabu (27/2/2019).

Danis menambahkan pembangunan tujuh PLBN lainnya akan tetap dikejar pengerjaannya pada periode 2019-2020. Tujuh PLBN tersebut yakni PLBN Long Nawang di Kabupaten Malinau dan PLBN Labang di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, PLBN Serasan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Kemudian PLBN Sei Kelik/jasa di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, PLBN Napan di Kabupaten Timur Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, PLBN Oepoli di Kabupaten Kupang, NTT dan PLBN Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Danis menjelaskan percepatan pembangunan 11 PLBN ini merupakan tindak lanjut dari hasil positif pembangunan tujuh PLBN sebelumnya yang memberi pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di perbatasan. 

Pihaknya telah menyediakan anggaran pembangunan 11 PLBN sebesar Rp1,76 triliun. Seluruh anggaran bersumber dari pagu APBN Kementerian PUPR yang disalurkan lewat Ditjen Cipta Karya.

"Yang penting sekali adalah (PLBN) menjadi pusat pertumbuhan ekonomi. Di (PLBN) Entikong misalnya sudah jadi pusat kegiatan ekonomi. Di (PLBN) Skouw juga begitu," ungkapnya.

 

 

(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA