Responsive image
Senin, 2019-08-26 , 16:01:56 WIB

Kalimantan Timur Resmi Jadi Lokasi Ibu Kota Negara Yang Baru


JAKARTA- Kalimantan Timur resmi menjadi lokasi Ibu Kota Negara Indonesia yang baru. Hal tersebut diumumkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo dalam siaran langsung melalui televisi nasional maupun streaming, Senin (26/8).


Ia menyatakan bahwa dipilihnya Kalimantan Timur  menjadi pengganti DKI Jakarta sudah melalui kajian yang mendalam. Ibu kota negara baru rencananya akan dibangun di dua kabupaten.


“Pemerintah sudah melakukan kajian mendalam dan mengintensifkan studinya dalam 3 tahun terakhir. Hasil kajian menyimpulkan lokasi ibu kota baru adalah sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta.


Presiden Jokowi menyebut ada beberapa alasan Kalimantan Timur di pilih untuk menjadi ibu kota negara.  Presiden Jokowi mengatakan Kalimantan Timur mempunyai risiko bencana minimal, baik banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, tsunami dan tanah longsor.


Selain itu letak Kalimantan Timur berada di tengah Indonesia. Lebih lanjut, alasan lainnya adalah letak Kalimantan Timur yang berdekatan dengan wilayah perkotaan yang sudah berkembang seperti Balikpapan dan Samarinda, serta memiliki infrastruktur yang lengkap.


Sebelumnya Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Sofyan Djalil, menyatakan bahwa telah disiapkan tiga ribu hektar tanah untuk pembangunan ibu kota negara tahap pertama, sementara luas keseluruhan 200 hingga 300 ribu hektar.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA