Responsive image
Kamis, 2019-11-07 , 11:50:28 WIB

Kemendag Fokus Kembangkan Kawasan Perbatasan Untuk Tingkatkan Ekspor Nasional


JAKARTA-  Kementerian Perdagangan akan fokus mengembangkan kawasan perbatasan sebagai strategi untuk meningkatkan ekspor nasional. 


Pengembangan kawasan dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal. Seperti diantaranya ketersediaan infrastruktur yang memadai, sinkronisasi regulasi, dan pemilihan daerah perbatasan yang sudah siap ekspor. Demikian komitmen Kementerian yang juga selaku anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP),


Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Dody Edward, mengatakan pengembangan ekonomi kawasan perbatasan juga merupakan salah satu upaya mensejahterakan masyarakat perbatasan.


"Pengembangan ekonomi kawasan perbatasan merupakan salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan. Dengan demikian keberadaan kawasan perbatasan dapat dimanfaatkan dengan lebih optimal, khususnya untuk meningkatkan ekspor nasional," ujarnya seperti dikutip dari kemendag.go.id, Kamis (7/11/2019).


Indonesia merupakan salah satu negara terbuka yang berbatasan langsung dengan Laut Pasifik dan Samudera Hindia. Melihat potensi Indonesia yang besar, utamanya terkait konektivitas, maka perlu adanya fokus pembangunan di kawasan perbatasan. Untuk wilayah perbatasan darat, Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia, Papua Nugini (PNG), dan Timor Leste. 


Sedangkan untuk untuk wilayah laut, Indonesia berbatasan dengan India, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Republik Palau, Australia, Timor Leste, dan Papua Nugini.


Sesuai dengan arah pengembangan kawasan perbatasan didasarkan atas Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional 2005—2025. Wilayah-wilayah perbatasan akan dikembangkan dengan mengubah arah kebijakan pembangunan yang selama ini cenderung berorientasi ke dalam menjadi ke luar. Sehingga, dapat dimanfaatkan sebagai pintu gerbang aktivitas ekonomi dan perdagangan dengan negara tetangga.


"Keterlibatan multi pemangku kepentingan dalam pengembangan wilayah perbatasan menjadi hal yang menarik dan sekaligus kompleks. Dibutuhkan keselarasan program antar kementerian/lembaga terkait untuk menghasilkan kebijakan yang saling mendukung dan sinkron satu sama lain," pungkasnya.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA