Responsive image
Selasa, 2019-11-05 , 22:07:39 WIB

Kemendikbud Latih Pedagogi Prajurit TNI Untuk Isi Kekurangan Guru di Perbatasan


JAKARTA- Anggota Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) kembali melatih anggota TNI AD yang akan ditugaskan ke perbatasan Indonesia.


Kali ini GTK melatih 900 prajurit TNI. Kegiatan bimbingan teknis ini dibagi menjadi dua bagian yakni 450 prajurit di Padang dan 450 prajurit lainnya di Singkawang, Kalimantan Barat. 


Para prajurit TNI dilatih untuk menguasai kemampuan pedagogi atau keterampilan dalam mengelola pembelajaran di dalam kelas. Selain itu mereka juga akan dibekali lima kemampuan yaitu penguatan pendidikan karakter, bela negara, baca tulis hitung, kecakapan hidup, dan kepanduan.


Widyaiswara dan dosen-dosen yang berpengalaman menjadi pembimbing para prajurit TNI ini. Pelatihan bimbingan teknis tersebut diberikan selama 40 jam.


Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Supriano, menyampaikan dengan adanya prajurit TNI yang mempunyai kemampuan pedagogi ini tidak lantas menggantikan peran guru secara penuh di kawasan perbatasan. 


Ia menambahkan prajurit TNI ini disiapkan untuk mengajar di sekolah kawasan 3T hingga ada guru yang ditugaskan ke sekolah tersebut.


"Keberadaan personil TNI ini disekolah bukan untuk menggantikan guru, namun hanya melengkapi saja. Hal ini dikarenakan sebagian besar masalah pendidikan di daerah terluar, tertinggal dan terdepan (3T) adalah masalah kekurangan guru," ujarnya seperti dikutip dari antaranews.com, Selasa (5/11).


Sementara Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat, Mayjen Bakti Agus Fadjari, mengatakan pelibatan TNI dalam proses belajar mengajar di kelas merupakan upaya membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di perbatasan seperti harapan Presiden Joko Widodo.


"Peningkatan kualitas SDM, merupakan tanggung jawab bersama. Apa yang dilakukan ini merupakan upaya untuk membangun SDM yang unggul," kata Bakti.


Sebelumnya Kemendikbud yang bekerjasama dengan TNI AD sudah mengirimkan sebanyak 900 prajurit ke dua daerah perbatasan Indonesia-Malaysia yaitu di Malinau dan Nunukan pada Maret 2019.


(Humas BNPP dan Sumber Lain)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA