Responsive image
Rabu, 2019-10-30 , 20:15:23 WIB

Kementerian Lembaga Bersama Satgas Nemangkawi Bahas Pelaksanaan Program Pemerintah di Papua


JAKARTA- Perwakilan Kementerian dan Lembaga berdiskusi serta bersinergi dengan Satuan Tugas Nemangkawi Papua dan Papua Barat guna penajaman pelaksanaan program pemerintah di wilayah Papua dan Papua Barat.


Diskusi ini diselenggarakan untuk menindaklanjuti arahan Menteri Dalam Negeri yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Tito Karnavian. Diskusi dibuka oleh Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar.


Bahtiar mengatakan diskusi dan sinergitas ini dilaksanakan agar program dari berbagai Kementerian/Lembaga yang dilaksanakan di wilayah Papua dan Papua Barat dapat tepat sasaran.


"Forum ini menjadi sangat penting supaya kekuatan kita masing-masing Kementerian/lembaga ini yang kecil-kecil ini bisa kita sinergikan dan sasarannya tepat, agar tidak kita hamburkan (anggaran) begitu saja tapi sasarannya tidak terselesaikan," ujarnya di Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Rabu (30/10).


Dalam diskusi ini Satgas Nemangkawi menjadi contoh pelaksanaan program yang dapat dilaksanakan di Papua dan Papua Barat. Di dalam Satgas Nemangkawi terdapat enam Satgas yaitu Satgas Intelijen, Satgas Binmas, Satgas Humas, Satgas Gakkum, Satgas Tindak dan Satgas Bantuan. 


Satgas Binmas Noken Polri dipimpin oleh Kombes Pol Eko R. Sudarto. Eko yang hadir untuk menjadi narasumber pada diskusi ini berbagi pengalamannya dalam menangani permasalahan di Papua dan Papua Barat. Ia menjelaskan Satgas Binmas Noken yang dipimpinnya menggunakan pendekatan Humanis (Soft Approach policing) untuk menangani berbagai permasalahan di bumi cendrawasih.


Dengan pendekatan secara halus tersebut pihaknya berusaha untuk mengambil hati masyarakat agar terwujud situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif. Selain itu para stakeholder, counterpart, expert, akademisi dan LSM juga dilibatkan dalam program Binmas Noken Polri.


"Saya yakin ada sahabat disini yang mempunyai program yang sama, please call me for free, staf saya menunggu di sana (Papua) dengan senang. Pesan beliau (Tito Karnavian) Binmas Noken menjadi etalase, keberhasilan satgas saya apabila ada sinergis dengan siapapun," kata Eko.



(Humas BNPP)

VIDEO BNPP
LOKASI KANTOR BNPP

BADAN NASIONAL PENGELOLA PERBATASAN
REPUBLIK INDONESIA


(National Border Management Authority Republic of Indonesia)
Jl. Kebon Sirih No. 31


Jakarta Pusat - Indonesia
Telp: (021) 3142142

Fax: (021) 31924491

Website: www.bnpp.go.id

Email : info@bnpp.go.id

LAPOR
LPSE
ARORA